Journal of Community Service in Public Education (CSPE) https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe <p><strong>Journal of Community Service in Public Education</strong> (CSPE) is a journal of community service initiated and managed by LPPM-PMP Universitas Tidar. It is a peer-reviewed journal containing scientific articles from various community service activities which are downstream of research. This journal is published twice a year in April and October.</p> <p>p-ISSN: <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20211228111334936" target="_blank" rel="noopener">2809-6061</a></p> <p>e-ISSN: <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20211228501227643" target="_blank" rel="noopener">2809-5553</a></p> <p>Frequency: 2 issues per year (<span id="result_box" class="short_text" lang="en">April and October</span>)</p> en-US darmawan.ericka@untidar.ac.id (Ericka Darmawan) mf_arifin@untidar.ac.id (M. Fatkhu Arifin) Fri, 05 Apr 2024 03:23:01 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PELATIHAN PROGRAM LINIER METODE GRAFIK DENGAN SOFTWARE TORA UNTUK GURU SMP KABUPATEN KARANGANYAR DAN SUKOHARJO https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe/article/view/937 <p>Aplikasi atau <em>software</em> TORA merupakan salah satu aplikasi matematika khususnya pokok bahasan Program Linier yang berguna untuk membantu dalam penyelesaian model program linier secara mudah dan cepat. Berbagai permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari sering dapat diformulasikan dalam suatu sistem yang bersifat sistematis yang dikenal dengan pemodelan matematika. Salah satu bentuk pemodelan matematika berupa model program linier yang berupa pengoptimalan fungsi obyektif&nbsp; berdasarkan kendala-kendala yang ada. Apabila terdapat lebih dari dua variabel dan jumlah kendala yang banyak maka perhitungan manual optimasi program linier akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan ketelitian yang cukup tinggi untuk mendapatkan hasil yang valid. Oleh karena itu untuk menyelesaikan program linier dengan mudah, cepat dan akurat, perhitungan optimasi dapat menggunakan bantuan aplikasi TORA untuk lebih cepat memperoleh hasil yang valid. Di sekolah menengah pertama, materi program linier untuk dua variabel sudah diperkenalkan dalam kurikulum mata pelajaran matematika. Para guru Matematika perlu mengetahui aplikasi tersebut sehingga memudahkan guru dalam mengajarkan materi ini. Program pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan TORA bertujuan untuk mengajarkan bagaimana merumuskan model program liniernya, menghitung secara manual, mengenalkan aplikasi TORA yang&nbsp; dapat menampilkan hasil animasi grafisnya untuk mencapai nilai optimal dari dua variabel dan menganalisis sensitivitas untuk melihat kisaran perubahan dengan niali optimal tidak berubah. Hal ini membuat siswa tidak bosan dan tertarik untuk mencoba simulasi nilai koefisien yang lain. Secara umum software TORA akan memberikan hasil optimasi dengan cepat yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam mencek hasil perhitungan secara manualnya. Pelatihan pemanfaatan software TORA ini diikuti oleh guru-guru SMP di wilayah Karanganyar dan Sukoharjo di Laboratorium Data Sains FMIPA UNS. Pelatihan ini berhasil memberikan wawasan dan ketrampilan baru pada guru-guru Matematika dan dapat mengajarkan kembali ke siswanya sehingga guru dan siswa akan semakin berkompeten dalam menggunakan aplikasi TORA dalam menyelesaikan permasalahan di sekitarnya.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> fungsi obyektif, kendala, program linier, sensitivitas, TORA</p> Sri Sulistijowati Handajani, Hasih Pratiwi, Yuliana Susanti, Respatiwulan, Muhammad Bayu Nirwana Copyright (c) 2023 Journal of Community Service in Public Education (CSPE) https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe/article/view/937 Mon, 30 Oct 2023 00:00:00 +0000 LITERASI DIGITAL MELALUI PHET COLORADO GUNA MENINGKATKAN INOVASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI DESA BALEAGUNG https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe/article/view/1071 <p>Kegiatan sosialisasi yang dilakukan tim KKN bertujuan untuk meningkatkan literasi digital mengenai inovasi media pembelajaran berbasis digital bagi pendidik di SD Negeri Desa Baleagung melalui PhET Colorado. Media pembelajaran PhET Colorado ini dipilih untuk disosialisasikan dengan alasan bahwa pada tingkat Sekolah Dasar terdapat mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang memerlukan praktikum. Kegiatan praktikum siswa dengan PhET Colorado dapat dilaksanakan secara virtual dan interaktif. Penggunaan PhET Colorado juga memiliki kelebihan yaitu dapat melakukan praktikum secara ideal yang tidak dapat dilakukan secara konvensional menggunakan alat yang nyata. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan diantaranya tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan ini 100% peserta yang terdiri dari guru kelas memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru terkait media pembelajaran PhET Colorado. Peningkatan pengetahuan PhET Colorado oleh peserta dapat dilihat dari lima item pertanyaan yang menyatakan sebesar &gt; 75% menunjukkan hasil peningkatan sehingga dapat disimpulkan kegiatan sosialisasi meningkatkan pengetahuan mengenai PhET Colorado pada peserta sosialisasi. Sebesar 40% respon peserta sosialisasi menyatakan tahu cara menggunakan dan memanfaatkan PhET Colorado dan 60% peserta menyatakan sangat tahu. Peserta sosialisasi juga memandang bahwa pemanfaatan dan penggunaan PhET Colorado mudah diterapkan sebagai media pembelajaran. Meningkatnya pemahaman dan kemampuan peserta sosialisasi dapat menjadikan acuan para peserta untuk memanfaatkan PhET Colorado sebagai inovasi dan alternatif media pembelajaran khususnya untuk kegiatan praktikum.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> literasi digital, Media pembelajaran, PhET Colorado</p> Syaeful Anam, Fatih Rahmawati, Dwi Nugraeni, Arik Aristiyani Khusnah, Fajar Maulana, Suamanda Ika Novichasari Copyright (c) 2023 Journal of Community Service in Public Education (CSPE) https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe/article/view/1071 Mon, 30 Oct 2023 00:00:00 +0000 LITERASI DIGITAL SEBAGAI WUJUD PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MAGERSARI DI ERA GLOBALISASI https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe/article/view/1076 <p><em>The digital era can influence human thought patterns. The development of technology and information must be balanced with each individual's understanding of literacy. Use of social media that is not ethical will have a negative impact on its users. Digital literacy is an activity to obtain information from various sources in digital form. There are 4 (four) elements of digital literacy, namely skills, culture, ethics and safety. The methods used in this service are through observation, interviews and socialization stages. This service article was analyzed descriptively qualitatively supported by experts. The result of the service carried out was that the people of Magersari Village gained knowledge conveyed directly by the presenters regarding social media skills for the community. Apart from that, the public also knows that if they find negative content, that content can be reported to the system. The Magersari Village community's understanding of digitalization has increased by 56% from the pretest and posttest that have been given. The people of Magersari Village have become wiser in operating social media. The digital literacy activities carried out can have a positive impact on the people of Magersari Village. Therefore, digital literacy needs to be developed to build national character to create a quality generation.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Digital literacy, Social media, Outreach, Elements of digital literacy</em></p> Wempy Damayanti, Ali Imron Firdaus, Diah Wahyu Utami , Syafira Nurhayati, Jihad Lukis Panjawa Copyright (c) 2023 Journal of Community Service in Public Education (CSPE) https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe/article/view/1076 Mon, 30 Oct 2023 00:00:00 +0000