PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS AKTIVITAS ARGUMENTASI ILMIAH PADA TOPIK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Authors

  • Siswanto Siswanto Universitas Tidar
  • Yolanda Darnaningrum Universitas Tidar
  • Rina Rahayu Universitas Tidar
  • Nuryunita Dewantari Universitas Tidar

Keywords:

Bahan ajar, Argumentasi Ilmiah, Klasifikasi Mahluk Hidup

Abstract

Topik klasifikasi makhluk hidup yang diajarkan pada peserta didik pada tingkat menegah tergolong dalam topik yang sulit dan mengakibatkan masih terdapatnya miskonsepsi. Miskonsepsi yang terjadi dapat diatasi melalui argumentasi ilmiah dalam pembelajaran. Namun kemampuan argumentasi ilmiah yang dimiliki oleh peserta didik di indonesia masih tergolong rendah. Salah satu cara dalam melatihkan argumentasi ialah melalui buku teks. Namun, buku teks yang digunakan di indonesia masih berada pada level 2 pada tingkatan argumentasi ilmiah. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan metode fuzzy delphi dan grafik fry. Penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu 1) menganalisis indikator kognitif pada topik klasifikasi makhluk hidup. 2) pengembangan bahan ajar. 3) menganalisis keterbacaan pada bahan ajar. 4) menganalisis validitas pada bahan ajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) terdapat 7 indikator kognitif yang perlu dilatihkan pada topik klasifikasi makhluk hidup. 2) hasil uji keterbacaan menunjukan bahwa bahan ajar telah sesuai bagi tingkatan pembaca pada kelas 7. 3) hasil validitas memperoleh kesepakatan bersama para ahli pada setiap sub bab atau valid.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Siswanto, S., Yolanda Darnaningrum, Rina Rahayu, & Nuryunita Dewantari. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS AKTIVITAS ARGUMENTASI ILMIAH PADA TOPIK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(2). Retrieved from https://journal.untidar.ac.id/index.php/ijel/article/view/1138

Issue

Section

Articles