Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Emosional Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Afni UNDIKSHA
  • Ni Ketut Suarni UNDIKSHA
  • I Gede Margunayasa UNDIKSHA
  • Anita Nurgufriani STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.31002/ijel.v7i2.1191

Keywords:

bullying, perkembangan emosi, sekolah dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsekuensi yang timbul dari praktik perundungan (bullying) terhadap perkembangan emosional anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi literatur, membaca jurnal-jurnal, kajian pustaka yang relevan, serta mencatat dan mengelola bahan penelitian terdahulu. Data dikumpulkan dari penelitian terdahulu yang telah dievaluasi dari jurnal-jurnal yang terakreditasi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teliti, meliputi pembacaan artikel dan jurnal, analisis rinci, dan penarikan kesimpulan untuk menghasilkan ide dan gagasan baru. Hal ini bertujuan agar permasalahan yang diangkat dalam artikel ini dapat diatasi dengan solusi yang optimal. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bullying mempunyai dampak yang signifikan terhadap perkembangan emosional anak, tidak hanya mencakup aspek perkembangan sosial, tetapi juga mengenai perkembangan emosional yang tercermin dalam munculnya emosi negatif seperti kemarahan, kesedihan, dan kekecewaan. Selain itu, bullying juga menurunkan tingkat kepercayaan diri anak, menciptakan perasaan rendah diri hingga tingkat keinginan untuk mengakhiri hidupnya. Temuan ini seharusnya menjadi pembelajaran bagi orang tua, anggota sekolah, dan masyarakat umum, untuk lebih peka terhadap kasus bullying.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Afni, N., Suarni, N. K. ., Margunayasa, I. G. ., & Nurgufriani, A. . (2024). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(2). https://doi.org/10.31002/ijel.v7i2.1191

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)