Analisis Penerapan Teori Sosial Emosional Pada Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andhika Edi
Suarni Ni Ketut
Margunayasa

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana penerapan teori sosial emosional berdampak pada kemampuan belajar siswa di sekolah dasar. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui Teknik survey dan wawancara mendalam dengan siswa dan pendidik, pola hubungan yang kuat antara prestasi belajar dan interaksi sosial emosional terungkap. Siswa yang memiliki kematangan  sosial emosional yang baik dan merasa nyaman dalam lingkungan sosialnya cenderung menunjukkan kemajuan yang lebih besar dalam prestasi belajar mereka. Selain itu, guru mengatakan bahwa siswa yang memiliki keterampilan sosial yang baik lebih terlibat dalam belajar, membuat lingkungan kelas yang lebih baik, dan meningkatkan kerja sama antar siswa. Dukungan sosial dan pembelajaran sangat bergantung pada empati, menurut analisis kualitatif. Dukungan ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang baik dan menciptakan suasana kelas yang positif. Hasil ini meningkatkan pemahaman tentang bagaimana menerapkan teori sosial emosional untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Serta implikasinya terhadap pengembangan program pendidikan sosial emosional disekolah. Kesimpulan menegaskan bahwa memperhatikan aspek sosial emosional siswa memberikan kontribusi signifikan terhadap pencapaian tujuan pendidikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Edi, A., Ketut, S. N. ., & Margunayasa. (2024). Analisis Penerapan Teori Sosial Emosional Pada Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(2). https://doi.org/10.31002/ijel.v7i2.1194