Pembelajaran Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital pada Era Society 5.0

Authors

  • Leni Salindri Universitas Negeri Semarang
  • Ida Zulaeha Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1250

Keywords:

Era society 5.0, Etika digital , Kecakapan 6C, Literasi digital

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan hasil kajian pustaka tentang pembelajaran mata kuliah umum bahasa Indonesia berbasis literasi digital pada era society 5.0. Pada era ini perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang penting untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. Langkah yang dilakukan perguruan tinggi yaitu membekali mahasiswa dengan kompetensi abad 21(6C) dan literasi digital. Kompetensi tersebut menjadi bekal lulusan perguruan tinggi untuk menghadapi era society 5.0. Pembelajaran pada mata kuliah umum bahasa Indonesia telah mengakomodasi kebutuhan era society 5.0 yaitu dengan memasukkan kompetensi 6C yang meliputi keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), berkolaborasi (collaboration), karakter (character) dan kewarganegaraan (citizenship) dalam pembelajaran berbasis literasi digital. Hal ini dituangkan melalui capaian pembelajaran mata kuliah. Artikel ini menguaraikan kompetensi 6C dan Digital Ethics (Etis Bermedia Digital) di Perguruan Tinggi. Melalui artikel ini penulis berharap dapat menambah wawasan bagi pembaca khususnya dosen maupun praktisi pendidikan. Selain itu, penulis berharap dapat menginspirasi dosen maupun para praktisi pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif yang dapat memberikan keterampilan atau kompetensi berbasis digital literasi sehingga lulusan Perguruan Tinggi lebih siap dalam menghadapi era society 5.0.

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Salindri, L., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2024). Pembelajaran Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital pada Era Society 5.0. Indonesian Journal of Education and Learning, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1250

Issue

Section

Articles