Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.31002/ijel.v7i2.1331Keywords:
metode pembelajaran, pembelajaran bahasa dan sastra, bahasa Indonesia, era digitalAbstract
Di tengah tantangan disrupsi bahasa pada era digital, metode pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia harus relevan. Guru harus menyesuaikan metode yang digunakan di dalam kelas dengan kebutuhan guna menunjang keberhasilan pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan guru terhadap metode pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian yaitu 160 guru sekolah menengah atas yang berasal dari Kalimantan Barat, Papua, Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur. Data dikumpulkan melalui tes mengenai kesesuaian metode pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta angket mengenai persepsi guru terhadap metode pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Analisis data menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan oleh 73% guru bahasa dan sastra Indonesia di sekolah menengah atas terkategori sesuai. Sebanyak 62% guru juga menyatakan bahwa metode pembelajaran bahasa dan sastra yang mereka gunakan di dalam kelas mampu menjadikan siswa kreatif serta mendorong adanya rasa ingin tahu dan kerja keras.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
By submitting an article to the journal, the author(s) agree to transfer the published article's copyright to the journal, which will act as the publisher. This means the journal will have the right to publish the article in various forms, including reprints. The journal will maintain the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.