Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo

Authors

  • Novia Purwatiningtyas Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Dimas Ardika Miftah Farid Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31002/ijel.v7i2.1469

Keywords:

konseling kelompok, assertive training, komunikasi interpersonel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran berupa skala pengumpulan data sebagai teknik pengumpulan data. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. Enam siswa dengan nilai komunikasi interpersonal rendah dijadikan sampel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ketika siswa menerima treatment konseling kelompok menggunakan teknik assertive training, komunikasi interpersonal mereka meningkat. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji Wilcoxon bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,028. Diketahui bahwa nilai 0,028 lebih kecil dari 0,05 maka dapat diartikan Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan komunikasi interpesonal siswa dari hasil pre-test dan post-test, sehingga konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Purwatiningtyas, N., & Farid, D. A. M. . (2024). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(2). https://doi.org/10.31002/ijel.v7i2.1469

Issue

Section

Articles