Motivasi Kerja Intrinsik Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri (Studi Fenomenologi Pada Guru Honorer Yang Bekerja Di Sekolah Dasar Negeri)

Authors

  • Gde Dharma Putrawan Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1689

Keywords:

guru honorer, sekolah dasar, motivasi guru

Abstract

Keberadaan guru honorer merupakan fenomena yang terjadi di sekolah dasar negeri Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi guru honorer yang bekerja di sekolah dasar negeri. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini ialah bagaimana motivasi guru honorer di sekolah dasar negeri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara semiterstruktur dengan pertanyaan terbuka. Informan penelitian ini yaitu dua belas guru honorer yang bekerja di sekolah dasar negeri. Hasil analisis menunjukkan tiga hal yang berkaitan dengan motivasi guru honorer di sekolah dasar negeri yaitu: (1) ketertarikan bekerja sebagai guru; (2) kesesuaian pekerjaan dengan kemampuan; (3) keinginan menjadi guru berstatus aparatur sipil negara.

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Putrawan, G. D. (2024). Motivasi Kerja Intrinsik Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri (Studi Fenomenologi Pada Guru Honorer Yang Bekerja Di Sekolah Dasar Negeri). Indonesian Journal of Education and Learning, 8(1), 21–35. https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1689

Issue

Section

Articles