Model Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Media Video Dokumenter Candi Selogriyo

Authors

  • Naffisa Rahmawati Universitas Tidar
  • Ayu Wulandari Universitas Tidar
  • Irsyadi Shalima Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1721

Keywords:

media video dokumenter, pendekatan inkuiri, teks laporan hasil observasi

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis masih sulit untuk dikuasai oleh peserta didik khususnya pada materi menulis teks laporan hasil observasi. Adanya fakta tersebut memunculkan gagasan solusi dengan mengembangkan model pembelajaran yang disesuaikan dengan pendekatan inkuiri. Penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan cara berpikir kritis peserta didik dalam memperoleh data maupun menuangkan gagasan dalam teks laporan hasil observasi. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan analisis pengembangan model pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo. (2) menghasilkan model pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo. (3) mengetahui kelayakan model pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Langkah penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu (1) analisis kondisi dan kebutuhan pengembangan menunjukkan bahwa pembelajaran masih belum sesuai yang diharapkan dan terasa membosankan, sehingga peserta didik masih kesulitan. (2) produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini ialah media video dokumenter Candi Selogriyo dan model pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri. (3) kelayakan produk telah dinilai oleh para ahli. Model pembelajaran memiliki kualifikasi “Sangat  Valid”, kelayakan “Sangat Layak” dengan persentase 90%. Sedangkan media pembelajaran memiliki kualifikasi “Sangat Valid”, kelayakan “Sangat Layak” dengan persentase 100%.

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Rahmawati, N., Wulandari, A., & Shalima, I. (2024). Model Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Media Video Dokumenter Candi Selogriyo. Indonesian Journal of Education and Learning, 8(1), 36–47. https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1721

Issue

Section

Articles