ANALISIS BUTIR SOAL MODEL KLASIK PADA PENILAIAN HARIAN BERSAMA (PHB) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII MTS NEGERI 5 MAGELANG
DOI:
https://doi.org/10.31002/ijel.v7i1.835Keywords:
evaluasi, analisis butir soal, model klasik, tes bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal Penilaian Harian Bersama (PHB) Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII MTs Negeri 5 Magelang dengan menggunakan analisis butir soal model klasik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian noneksperimental dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dianalisis melalui tabel dan diagram untuk mengidentifikasi variasi indeks tingkat kesulitan (ITK) butir soal yang diujikan, indeks daya beda (IDB), dan efektivitas butir pengecoh dari setiap butir soal. Temuan menunjukkan bahwa terdapat variasi tingkat kesulitan dalam butir soal, dengan mayoritas butir soal masuk dalam kategori sukar dan sedang. Dari 35 butir soal ditemukan bahwa 3 soal berkategori sukar, 19 soal berkategori sedang, dan 13 soal berkategori mudah. Analisis IDB menunjukkan mayoritas butir soal masuk dalam kategori jelek, namun terdapat juga butir soal dengan tingkat daya beda yang baik. Ditemukan 17 soal berkategori jelek, 11 soal berkategori cukup, 6 soal berkategori baik, dan 1 soal berkategori sangat baik. Berdasarkan temuan nilai ITK dan IDB oke, soal yang layak untuk masuk dalam bank soal sejumlah 14 butir soal. Evaluasi terhadap efektivitas butir pengecoh juga dilakukan, dengan temuan bahwa terdapat variasi dalam tingkat pengecoh dari pilihan jawaban. Analisis keefektivan butir pengecoh menunjukkan adanya soal dengan pilihan butir pengecoh yang berfungsi dengan baik dan pengecoh yang tidak berfungsi. Hanya terdapat 4 butir soal dengan keefektifan pengecoh yang baik dan 31 soal dengan keefektivan pengecoh yang tidak baik. Kesimpulannya, peninjauan dan perbaikan pada butir soal yang tergolong sulit dan mudah serta penyesuaian pada butir pengecoh perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas alat tes dan pengukuran prestasi siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
By submitting an article to the journal, the author(s) agree to transfer the published article's copyright to the journal, which will act as the publisher. This means the journal will have the right to publish the article in various forms, including reprints. The journal will maintain the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.