OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Asri Yuni Vikasari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Zohriah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Machdum Bachtiar UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31002/ijel.v7i1.840

Keywords:

manajemen pendidikan, sarana prasarana, lembaga pendidikan islam

Abstract

Program Pendidikan dapat berjalan dengan baik apabila didukung oleh fasilitas Pendidikan yang tersedia dan berfungsi sesuai kebutuhan. Jenis metode penulisan artikel ini adalah kualitatif, pendekatan yang digunakan yaitu studi kepustakaan atau library research. Penulis mencari dan mengumpulkan informasi mengenai manajemen sarana dan prasarana Pendidikan dari sumber-sumber Pustaka meliputi artikel jurnal. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengertian manajemen sarana dan prasarana Pendidikan, tujuan dan prinsip sarana dan prasarana dan ruang lingkup manajemen sarana dan prasarana Pendidikan yang meliputi: perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan serta factor penghambat dan solusi hambatan tersebut. Keberhasilan program pendidikan baik formal maupun nonformal dipengaruhi oleh manajemen sarana dan prasarana yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Vikasari, A. Y., Zohriah, A., & Bachtiar, M. (2024). OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(1), 46–53. https://doi.org/10.31002/ijel.v7i1.840