Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Media Padlet terhadap Hasil Belajar Teks Debat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alfira Rara Sukma Mawarni
Aida Sumardi

Abstract

The background of the thesis writing is the low learning outcomes of students in the Indonesian language subject matter of debate texts. The application of learning models and learning media that are not appropriate in learning results in low student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the effect of the Everyone Is A Techer Here learning model assisted by the media padlet on the learning outcomes of debate texts at SMAN 12 Tangerang Selatan City, in class X MIPA 3 and X MIPA 4. The method used was quantitative with a nonequivalent control group research design. design. The results showed that there was an influence of the Everyone Is A Techer Here learning model assisted by the media padlet on the learning outcomes of the debate text. Based on the results of the experimental class hypothesis test obtained (t count ) -13.857 <0.05 (t table) 1.703, Based on these criteria that t count < t table then Ho is rejected and Ha is accepted. Based on the results of the control class hypothesis test obtained (t count ) -3.307 <0.05 (t table) 1.703 Based on these criteria that t count < t table then Ho is rejected and Ha is accepted, so it can be stated that there is a difference between the average value of the results overall control class student learning.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mawarni, A. R. S., & Sumardi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Media Padlet terhadap Hasil Belajar Teks Debat. KABASTRA: Kajian Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.31002/kabastra.v2i2.253

References

  1. Alghozi, A. A., dkk. (2021). Penggunaan platfoam padlet sebagai media pembelajaran daring pada perkuliahan teknologi pendidikan islam di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Dakwah ANWARUL. Vol 1, No 1.
  2. Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  3. Asiza, N. dan Muhammad I. (2019). Everyone is a teacher here. Jakarta: CV Kaaffah Learning Center.
  4. Faznur, L.S., dkk. (2020¬). Aplikasi kahoot sebagai media dalam evaluasi pembelajaran bahasa indonesia pada guru sma di sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik. Vol. 2, No. 2.
  5. Gemesis, Tim. (2018). Modul bahasa indonesia. Jakarta: Gemesis Betasampuara
  6. Husna, dkk. (2021). Pengaruh model pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar ppkn SD kelas V. Jurnal Ilmiah Renjana Pendidikan Dasar, Vol. 1. No. 3.
  7. Istiningsih, dkk. (2018). Pengembangan model pembelajaran “promister” untuk meningkatkan hasil belajar wayang pandhawa pada siswa sekolah dasar. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD. Vol. 2 No 2.
  8. Khanifah, M. N. (2014). Penerapan model pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas xi ips 1 SMA negeri 1 pejagoan tahun pelajaran 2013/2014 , Vol 1, No 2.
  9. Kuswanto, J. & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem oprasi jaringan kelas XI. Jurnal Media Infotama. Vol 14, No 1.
  10. Mansyur, N. (2015). Pencapaian hasil belajar ditinjau dari sikap belajar mahasiswa. Jurnal Lantanida. Vol 3, No 2.
  11. Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran empat rumpun model pembelajaran. Jurnal Indonesia Sakinah. Vol 2, No 1.
  12. Muizaddin, R. & Santoso, B. (2016). Model pembelajaran core sebagai sarana dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 1, No 1.
  13. Purwanto. (2014). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  14. Puspita, R, dkk. (2021). Pembelajaran debat bahasa indonesia pada siswa kelas x mipa SMA negeri 2 kota bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 5, No 1.
  15. Qulub, T. dan Renhoat S. F. (2020). Penggunaan media padlet untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jakarta, 03 Juni 2020.
  16. Rachmadyanti, P. (2021). Persepsi mahasiswa pgsd tentang penggunaan padlet pada pembelajaran microteaching. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. Vol 9, No 2.
  17. Raresik, Kd A., dk. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas v SD gugus VI. Jurnal PGSD Ganesha. Vol 4, No 1.
  18. Ratnasari, D. Y. (2021). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom menggunakan aplikasi padlet terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik kelas 10 SMA. Skripsi Program Studi Ilmu Fisika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
  19. Setianingrum, T, dkk. (2020). model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XII teknik konstruksi batu beton SMK N 5 Surakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Surakarta. Vol 1, No 2.
  20. Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
  21. _________. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta
  22. _________. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
  23. Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi penelitian lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
  24. Sumiarti, N, dkk. (2018). Penggunaan metode problem solving dalam pembelajaran debat di kelas X SMA 1 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UNIDKSHA. Vol 8, No 1.
  25. Sutrisno, M. (2021). Pengaruh kompensasi dan budaya organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening yayasan X. Cerdika Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol 1, No 3.
  26. Suwarno & Aeni, C. (2021). Pentingnya rubrik penilaian dalam pengukuran kejujuran peserta didik. Jurnal Edukasi. Vol 19, No 1.
  27. Taniredja, T & Mustafidah, H (2012). Penelitian kuantitatif sebuah pengantar. Bandung: Alfabeta.
  28. Vivianti, A. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi padlet terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas V MIN 2 Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
  29. Wati, E. R. (2016). Ragam media pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
  30. Widoyoko, S, dan Eko S. (2014). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.