Analisis Hak dan Kewajiban Konsumen Penerbangan: Strategi Peningkatan Kepatuhan Hukum Penumpang terhadap Syarat dan Ketentuan Penerbangan

Authors

  • Dikha Anugrah Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31002/lh.v8i1.1478

Keywords:

Kepatuhan Penumpang, Hak dan Kewajiban Konsumen, Syarat dan Ketentuan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hak dan kewajiban konsumen dalam industri penerbangan secara menyeluruh dan mendalam dengan fokus pada identifikasi strategi yang efektif untuk meningkatkan kepatuhan penumpang terhadap syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan dan regulasi penerbangan. Melalui analisis yang mendalam terhadap literatur, regulasi penerbangan, serta studi kasus, penelitian ini menyajikan pemahaman yang komprehensif tentang kompleksitas hubungan antara penumpang dan maskapai penerbangan dalam konteks hak dan kewajiban mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa syarat dan ketentuan penerbangan memainkan peran krusial dalam menciptakan lingkungan perjalanan yang aman dan teratur. Selain itu, strategi-strategi seperti peningkatan edukasi dan sosialisasi, penegakan hukum yang tegas, peningkatan kualitas layanan, pengembangan teknologi informasi, dan kerjasama antara semua pemangku kepentingan diidentifikasi sebagai langkah-langkah penting untuk meningkatkan kepatuhan penumpang. Implikasi dari temuan ini memberikan landasan bagi pengembangan kebijakan dan praktik terbaik dalam industri penerbangan untuk meningkatkan pengalaman perjalanan udara yang lebih aman, nyaman, dan memuaskan bagi semua pihak yang terlibat.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Anugrah, Dikha. 2024. “Analisis Hak Dan Kewajiban Konsumen Penerbangan: Strategi Peningkatan Kepatuhan Hukum Penumpang Terhadap Syarat Dan Ketentuan Penerbangan”. Literasi Hukum 8 (1):105-22. https://doi.org/10.31002/lh.v8i1.1478.