Implementasi Rumah Literasi dalam Mengoptimalkan Hak Pendidikan Anak di Desa Ngepanrejo

Authors

  • Amira Atsil Abigael Wegni Universitas Tidar
  • Suwandoko Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31002/lh.v8i1.1531

Keywords:

Pendidikan, Hak Pendidikan Anak, Rumah Literasi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi hak pendidikan anak di Desa Ngepanrejo yang dinilai masih tertinggal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi dan implementasi rumah literasi dalam mengoptimalkan pendidikan anak di Desa Ngepanrejo. Pendidikan merupakan hal mendasar yang wajib diakses oleh seluruh masyarakat demi menegakkan hak asasi manusia yaitu hak untuk mendapatkan pendidikan, maka rumusan masalah dari analisis ini adalah apa yang menjadi urgensi keberadaan rumah literasi di Desa Ngepanrejo dan bagaimana implementasi rumah literasi dapat mengoptimalkan pendidikan anak di Desa Ngepanrejo. Manfaat dari hasil analisis penataan ruang kawasan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hak pendidikan anak sudah diimplementasikan dalam kegiatan belajar anak baik secara formal maupun non formal. Penelitian hukum ini menggunakan metode yuridis empiris yaitu dengan pendekatan studi kasus dalam menganalisis dinamika hubungan sosial yang muncul ketika sistem norma hukum diterapkan sebagai landasan penulisan jurnal ini.

This research discusses the implementation of children's educational rights in Ngepanrejo Village, which is considered to be still lagging behind. This research aims to analyze the urgency and implementation of literacy houses in optimizing children's education in Ngepanrejo Village. Education is a fundamental thing that must be accessed by the entire community in order to uphold human rights, namely the right to education, so the problem formulation from this analysis is what is the urgency of having a literacy house in Ngepanrejo Village and how the implementation of a literacy house can optimize children's education in Ngepanrejo Village . The benefit of the results of this regional spatial planning analysis is to find out the extent to which children's educational rights have been implemented in children's learning activities, both formal and non-formal. This legal research uses an empirical juridical method, namely a case study approach in analyzing the dynamics of social relations that arise when the legal norm system is applied as the basis for writing this journal.

 

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Amira Atsil Abigael Wegni, and Suwandoko. 2024. “Implementasi Rumah Literasi Dalam Mengoptimalkan Hak Pendidikan Anak Di Desa Ngepanrejo”. Literasi Hukum 8 (1):11-26. https://doi.org/10.31002/lh.v8i1.1531.