PENGEMBANGAN USAHA RENGGINANG SEBAGAI PELUANG PENINGKATAN UMKM DESA BATULAYANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mayshafira Listianingsih

Abstract

Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) DPM KEMA FIT 2022 menyasar masyarakat produsen rengginang di Kampung Cikakak, Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Permasalahan yang dialami oleh produsen rengginang yaitu dalam pendistribusian produk, sehingga upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan angka penjualan melalui media online yaitu Shopee dan pemasaran melalui media sosial Instagram. Selain itu, dibuatkan sebuah website katalog yang berisi produk khas Cililin yang akan langsung terhubung ke Shopee dan Whatsapp. Mitra yang kami sasar adalah masyarakat produsen rengginang desa Cikakak yang tercatat telah ada 14 mitra dengan satu mitra utama yaitu Rengginang Cipta Rasa. Penjualan dilakukan selama 2 bulan yaitu pada bulan Oktober-November yang tercatat sebanyak 34 bungkus rengginang. Sejauh ini, penjualan dilakukan dengan Shopee dan Google Form. Penambahan Google Form sebagai bentuk efisiensi untuk masyarakat di sekitar Telkom University. Kendala yang dihadapi setelah kegiatan adalah masyarakat yang seringkali lupa mengenai cara pengoperasian website. Sehingga, dibuatkan manual book untuk mempermudah mitra dalam penggunaan website.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##