ADOPSI IMPLEMENTASI PLATFORM PENGEMBANGAN PARIWISATA ASTERDEWI (ASISTENSI TOUR GUIDE DESA WISATA) DALAM MENUNJANG DIGITALISASI DESA WISATA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Marlina N. Rahmawati

Abstract

Desa Wisata Adiluhur atau lebih dikenal sebagai Kampung Wisata Inggris Kebumen (KWIK), mengalami kenaikan kunjungan wisatawan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, perubahan perilaku pengunjung yang dipengaruhi oleh pandemi COVID-19 menggeser penekanan pada pencarian informasi wisata dari sumber tradisional ke media online. Namun, pengelola Desa Adiluhur belum sepenuhnya memahami atau memanfaatkan potensi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pemasaran pariwisata. Dalam upaya mengatasi hal tersebut, kami mengubah strategi pemasaran tradisional menjadi pemasaran online dan memusatkan perhatian pada pengembangan platform www.deswitaadiluhur.com. Namun, kami menyadari bahwa situs tersebut perlu dikembangkan agar lebih menarik dan interaktif bagi pengunjung. Sebagai solusi inovatif, kami memperkenalkan Platform Asterdewi yang berperan sebagai Asisten Tour Guide dengan fitur-fitur canggih seperti panduan virtual 360 derajat, marketplace dan pembelajaran Bahasa Inggris. Proses pengembangan platform ini menggunakan metode waterfall yang terstruktur dan melibatkan pemerintah Desa Adiluhur dalam seluruh tahapannya. Metode waterfall dipilih untuk memberikan tahapan yang jelas dalam pengembangan platform ini sehingga memungkinkan pengukuran yang akurat terhadap hasil dan dampak kegiatan. Hasilnya, program ini berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat, mendapatkan respons positif dari wisatawan dan meningkatkan kepatuhan terhadap protokol Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##