Efektivitas Pembuatan Vlog Berita sebagai Wujud Implementasi Literasi Multikultural Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA

Authors

  • Endah Septiani Utari SMA Taruna Nusantara

Keywords:

Efektivitas pembuatan vlog berita, pemahaman teks berita, dan implementasi multikultural budaya

Abstract

Kaum milenial yang tak dapat jauh-jauh dari teknologi harus diwadahi dengan kegiatan belajar mengajar yang modern agar tidak terdampak negatif akan perkembangan teknologi. Seorang guru harus pandai dalam mengartikan hal tersebut. Perkembangan teknologi mengharuskan terjadinya perubahan pola pikir bahwa dengan teknologi maka pembelajaran harus bisa berjalan efektif. Sebagaimana contohnya, dalam pemahaman teks berita yang mengedepankan teknologi sebagai pembelajaran. Pembuatan vlog berita diartikan sebagai gabungan antara teori dan praktek sebagai sebuah pembelajaran yang mampu mendesain, mengembangkan, dan memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui efektivitas pembuatan vlog berita dalam meningkatkan pemahaman teks berita, (2) Mengetahui efektivitas pembuatan vlog berita sebagai wujud implementasi literasi multikultural budaya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif berdasarkan hasil produk berupa vlog berita dan deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan purpose sampling dengan acak sederhana, yaitu siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara sebanyak 30 responden. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert dan rubrik penilaian produk. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman kognitif siswa dalam memahami teks berita termasuk kategori tinggi dan (2) tingkat pemahaman dalam mengimplementasikan multikultural budaya melalui pembuatan vlog termasuk kategori tinggi. Kesimpulannya bahwa pembuatan vlog berita dalam meningkatkan  pemahaman teks berita bagi siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara termasuk kategori tinggi. Ini artinya, pembuatan vlog efektif untuk meningkatkan pemahaman teks berita. Selain itu, pembuatan vlog ini juga efektif untuk mewujudkan implementasi literasi multikultural budaya dalam kegiatan belajar.

Published

2025-02-17

How to Cite

Septiani Utari, E. . (2025). Efektivitas Pembuatan Vlog Berita sebagai Wujud Implementasi Literasi Multikultural Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA. SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 13–26. Retrieved from https://journal.untidar.ac.id/index.php/semnas-kabastra/article/view/2492

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.