Strategi Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Asing dan Lokal Pada Industri Society 5.0: Pengembangan Pariwisata Kota Mini Lembang

Authors

  • Arifin Maulana Pendidikan Ekonomi, Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu, Indonesia
  • Lathifaturahmah Lathifaturahmah Pendidikan Ekonomi, Institut Pangeran Dharma Kusuma, Indonesia
  • Rafa Aulia Pendidikan Ekonomi, Institut Pangeran Dharma Kusuma, Indonesia
  • Ana Fitriana Pendidikan Ekonomi, Institut Pangeran Dharma Kusuma, Indonesia

Keywords:

Strategi, Wisatawan, Industri Society 5.0, Pengembangan Pariwisata

Abstract

Industri pariwisata merupakan salah satu industri yang tidak akan habis dan akan terus berkembang. Industri pariwisata hidup dari kreativitas dan inovasi sumberdaya manusia. Industri pariwisata dianggap sebagai mother industry, mengingat industri ini bisa mengikat berbagai sektor industri lain untuk terlibat di dalam industri pariwisata. Selain itu, dampak ikutan dari industri pariwisata juga bisa dirasakan hingga kalangan usaha mikro kecil dan menengah yang notabene merupakan usaha milik masyarakat. Penelitian ini menggali bagaimana teknologi dan inovasi dalam Society 5.0 dapat diintegrasikan untuk meningkatkan pengalaman wisatawan. Pendekatan kualitatif digunakan, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara; pengumpulan data sekunder dari artikel bereputasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa penerapan teknologi canggih seperti realitas virtual, analitik data besar, dan konektivitas IoT, dapat mempersonalisasi pengalaman wisatawan, memudahkan akses informasi, dan menambah interaktivitas selama kunjungan. Selain itu, pendekatan berkelanjutan yang menekankan pada pelestarian budaya dan lingkungan menarik minat wisatawan yang berorientasi pada pengalaman otentik dan berkelanjutan. Rekomendasi strategis meliputi pengembangan aplikasi wisata pintar, promosi digital yang ditargetkan, serta kolaborasi antara pemangku kepentingan setempat dan pemerintah untuk memastikan inisiatif Society 5.0 diimplementasikan dengan efektif.

Downloads

Published

2023-12-27