Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Meningkatkan Produk Umkm Di Dusun Bambu Bandung

Authors

  • Rizki Ahmad Fauzi Pendidikan Ekonomi, Institut Pangeran Dharma Kusuma, Indonesia
  • Lathifaturahmah Lathifaturahmah Pendidikan Ekonomi, Institut Pangeran Dharma Kusuma, Indonesia
  • Mina Mutiah Pendidikan Ekonomi, Institut Pangeran Dharma Kusuma, Indonesia
  • Hanif Hasbillah Pendidikan Ekonomi, Institut Pangeran Dharma Kusuma, Indonesia

Keywords:

Pengembangan Pariwisata, UMKM, SWOT, Keberlanjutan

Abstract

Pariwisata merupakan industri penting di banyak negara di seluruh dunia dan sering kali memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian. Kabupaten Bandung Barat merupakan kabupaten yang memiliki potensi serta daya tarik yang tinggi terhadap bidang pariwisata. Salah satunya objek wisata Dusun Bambu yang memusat di Kecamatan Lembang sebagian besar memiliki jenis fasilitas wisata dengan kualitas tinggi, menjadi kesempatan emas untuk meningkatkan produk UMKM setempat. Salah satu cara untuk mengetahui potensi serta daya tarik tersebut, Yaitu berupa pengembangan objek pariwisata dalam meningkatkan produk UMKM. Penelitian ini membahas strategi pengembangan objek pariwisata dalam konteks peningkatan produk UMKM di wilayah tersebut. Dengan memanfaatkan potensi pariwisata Dusun Bambu, studi ini mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang dapat mendukung kolaborasi yang saling menguntungkan antara sektor pariwisata dan UMKM. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, wawancara, survei, dan analisis data untuk memahami kebutuhan dan harapan pemilik UMKM serta preferensi wisatawan. teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder kemudian di perkuat dengan analis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk mengembangkan rencana stategi kualitas produk, pemasaran, dan integrasi dengan pengalaman pariwisata lokal menjadi fokus utama pengembangan. Melalui implementasi strategi ini, diharapkan bahwa Dusun Bambu dapat menjadi destinasi pariwisata yang tidak hanya menarik bagi pengunjung tetapi juga memajukan UMKM lokal dengan meningkatkan visibilitas, penjualan, dan kualitas produk mereka. Rekomendasi inovatif seperti, pemasaran bersama dengan sektor pariwisata, pengembangan produk secara lokal, memfasilitasi pameran khusus UMKM di dusun bambu, program insentif dan edukasi secara terus menerus. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks pengembangan pariwisata berkelanjutan yang berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi lokal. Stategi ini sangat efektif digunakan untuk meningkatkan objek pariwisata dalam meningkatkan produk UMKM.

Downloads

Published

2023-12-27