Analisis Sentimen melalui Ulasan Daring Untuk Peningkatan Pengalaman Wisatawan Selam, Studi Kasus: Homestay Yenkoranu, Raja Ampat

Authors

  • Kurnia Fahmy Ilmawan Program Studi Pariwisata/Fakultas Ekonomi/Universitas Tidar
  • Eki Melina Widanti Program Studi Pariwisata/Fakultas Ekonomi/Universitas Tidar
  • Kenyo Kharisma Kurniasari Program Studi Pariwisata/Fakultas Ekonomi/Universitas Tidar

Keywords:

Pengalaman Wisatawan, Wisatawan Selam, Homestay, Raja Ampat, Ulasan Daring

Abstract

Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata selam kelas dunia. Kondisi ini membuat wisatawan selam memilih untuk tinggal di penginapan yang menyajikan pula pusat aktivitas selam, seperti Yenkoranu Homestay. Aktivitas wisatawan selam memproduksi pengalaman wisatawan dan dapat dilihat dari aspek pengalaman puncak pada aktivitas bawah air, dan pengalaman pendukung pada aspek konsumsi produk wisata seperti akomodasi, konsumsi, transportasi, hospitalitas, dan hiburan. Tulisan ini mengeksplorasi pengalaman wisatawanyang menggunakan jasa Homestay Yenkoranu dengan melihat pengalaman wisata berdasarkan ulasan yang dituliskan dari website pemasaran penginapan. Secara umum wisatawan mengapresiasi kualitas layanan dari homestay yenkoranu, hal ini terlihat dari 68,12% ulasan positif yang diterima dengan 23,43% ulasan negatif dan 8,45% ulasan netral. Variabel-variabel utama yang mempengaruhi pengalaman wisatawan adalah: (i) aktivitas menyelam dan snorkeling; (ii) akomodasi; (iii) makanan; dan (iv) hospitalitas

Downloads

Published

2023-12-27