Faktor Penentu Keputusan Pembelian Produk Melalui Marketplace: Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tidar
Keywords:
Marketplace, Keputusan Pembelian, Kepercayaan, Keamanan, Rating, HargaAbstract
Saat ini penggunaan internet telah berkembang menjadi suatu gaya hidup bagi Masyarakat dan mempengaruhi pola konsumsi secara online di e-commerce dan marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang akan mempengaruhi seseorang dalam melakukan belanja secara online melalui marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan memakai data cross section yaitu mahasiswa Universitas Tidar tahun 2023. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa design web, harga, dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara rating, keamanan, dan diskon tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Diperlukan penjagaan kualitas produk atau layanan yang diukur melalui rating, memastikan tingkat keamanan yang memadai, dan mempertimbangkan strategi diskon yang tepat untuk meningkatkan daya tarik pembelian pada marketplace.