Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Masyarakat Pada Toko Emas Gemilang Oeba Kota Kupang

Authors

  • Kristina More Universitas Katolik Widya Mandira
  • Gaudensius Djuang Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Augustin Lopes Amaral Universitas Katolik Widya Mandira

Keywords:

Variasi Produk, Harga, Promosi Penjualan, Minat Beli Ulang

Abstract

Perhiasan emas sangat diminati saat ini, membuat Toko Emas harus adu strategi dalam memperebutkan konsumen, hingga ke luar Kota Kupang. Toko Emas Gemilang, Oeba, Kota Kupang kehilangan konsumennya, sehingga mengalami penurunan penjualan, dikarenakan konsumen tidak tertarik akan variasi perhiasan emas yang dijual, harga jual yang cukup mahal, bahkan promosi penjualan tidak berjalan dengan baik. Masalah penelitian ini adalah: (1). Bagaimana persepsi konsumen terhadap variasi produk, harga, dan promosi penjualan dan minat beli ulang emas. (2). Apakah variasi produk, harga dan promosi penjualan secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Penelitian dilakukan di Toko Emas Gemilang, Oeba, Kota Kupang, dengan populasi adalah konsumen yang melakukan pembelian dan memiliki niat untuk membeli kembali perhiasan emas yang dijual, di mana tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Sampel ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 18 indikator dan dikalikan 6, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Probality Sampling. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program IBM SPSS Statistic Version 26. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel variasi produk, harga dan minat beli ulang pada Toko Emas Gemilang, Oeba, Kota Kupang, tergolong baik atau tinggi, dengan nilai persentase masing–masing sebesar 70%, 69%, dan 71%. Gambaran kategori persepsi variabel promosi penjualan tergolong cukup baik dengan nilai persentase 67%. Hasil uji t diperoleh thitung untuk variabel Variasi Produk 2,446 dengan nilai signifikansi 0,016, variabel Harga sebesar 3,313 dengan nilai signifikansi 0,001, dan variabel Promosi Penjualan 4,815 dengan nilai signifikansi 0,000. Ke tiga variabel ini, nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan ke tiga variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Nilai koefisien determinasi (R2) menjelaskan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 85%, sedangkan sisanya sebesar 15% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Toko Emas Gemilang, Oeba, agar variasi produk lebih ditingkatkan dengan menambah model perhiasan emas yang unik, sedikit menurunkan harga jual perhiasan emas, dan menambah promosi penjualan dengan diskon dan memberikan kupon yang lebih menarik minat konsumen.

Downloads

Published

2023-03-01