Pengaruh Word of Mouth (WOM), Pribadi dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Unknowon Cash (UC) Pada Game Player Unknowon’s Battle Grounds (PUBG) Mobile di Kota Kupang

Authors

  • Marya Febryani Saman Universitas Katolik Widya Mandira
  • Gaudensius Djuang Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Augustin Lopes Amaral Universitas Katolik Widya Mandira

Keywords:

Worf of Mouth, Pribadi, Psikologi dan Keputusan Pembelian, Worf of Mouth, Pribadi, Psikologi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui gambaran WOM, pribadi, psikologi, dan keputusan pembelian UC (Unknown Cash) game PUBG Mobile di Kota Kupang. 2) Untuk mengetahui signifikan pengaruh Word of Mouth (WOM), pribadi, dan psikologi secara parsial terhadap keputusan pembelian UC (Unknown Cash) game PUBG Mobile di Kota Kupang. 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh Word of Mouth, pribadi, dan psikologi secara simultan terhadap keputusan pembelian UC game PUBG Mobile di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan sampel populasi sebanyak 112 orang. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif dapat disimpulkan bahwa kategori persepsi dari variabel Word of Mouth adalah 71,6% dan dikategorikan baik. Kategori persepsi dari variabel Pribadi adalah 70,4% dan dikategorikan baik. Kategori persepsi dari variabel Psikologi adalah 70,2% dan dikategorikan baik. Sedangkan kategori persepsi dari variabel keputusan pembelian adalah 72% dan dikategorikan baik. Berdasarkan analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa Y = 0,453X1 + 0,283X2 + 0,035X3. Hasil pengajian parsial menunjukan bahwa variabel Word of Mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung = 4,415 dengan nilai signifikan 0,000. Variabel Pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung = 2,172 dengan nilai signifikan 0,032. Variabel Psikologi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Keputusan pembelian dengan nilai t hitung = 0,324 dengan nilai signifikan 0,746. Hasil pengujian secara simultan dapat diketahui bahwa variabel Word of Mouth, Pribadi dan Psikologi secara bersamasama berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian hasil ini ditunjukan oleh nilai F hitung sebesar 38,292 dengan signifikan 0,000. Hasil uji Determinasi (R2) diketahui bahwa Word of Mouth, Pribadi dan Psikologi terhadap Keputusan pembelian sebesar 0,502 atau 50,2% sisanya 49,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Perusahaan Tencent Games harus lebih memperhatikan cheater yang berkeliaran dalam game PUBG Mobile agar pemain yang masih setia bermain PUBG Mobile dapat meyakinkan pemain PUBG Mobile yang telah berhenti bermain untuk bermain kembali. Perusahaan Tencent Games harus lebih menciptakan item atau skin sesuai dengan perkembangan zaman agar item dan skin tersebut lebih menjadi menarik sehingga dapat mencerminkan gaya hidup pemain yang bersifat aksi dan menantang. Perusahaan Tencent Games harus lebih memperhatikan item dan skin setiap season, sehingga pemain lebih tertarik untuk mempercantik karakter mereka dan lebih sering untuk membeli item dan skin pada game PUBG Mobile. Bagi peneliti lainnya, yang ingin mengadakan riset serupa agar dapat mengembangkan hasil peneliti ini dengan mengangkat objek penelitian pada produk ekonomi lainnya dengan jumlah variabel yang lebih luas, sehingga dapat diketahui alasan lebih mendalam.

Downloads

Published

2023-03-01