Pengaruh Promosi Dan Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang

Authors

  • Trixi Soraya Haba Universitas Katolik Widya Mandira
  • Anggraeny Paridy Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria A. L. Amaral Universitas Katolik Widya Mandira

Keywords:

Promosi, Segmentasi Pasar, Keputusan Pembelian

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi responden terhadap promosi, segmentasi pasar dan gambaran keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang? (2) Apakah promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang? (3) Apakah segmentasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui persepsi responden terhadap promosi, segmentasi pasar dan gambaran keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang. (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh segmentasi pasar terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli sepeda motor Honda pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan, yaitu sebanyak 13 indikator dan dikalikan nilai 6, sehingga jumlah sampel penelitian ini sebanyak 78 responden. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap Promosi dikategorikan baik, Segmentasi pasar dikategorikan baik, dan keputusan pembelian juga dikategorikan baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa: (1) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Segmentasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis koefisien determinasi variabel keputusan pembelian sebesar 0,789 atau 78,9%. Artinya sebesar 78,9% keputusan pembelian merupakan kontribusi variabel Promosi dan Segmentasi Pasar, sedangkan sisanya 21,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan pada penelitian ini. Disarankan untuk PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang, sebaiknya menambahkan jenis promosi di sosial media yang lebih kreatif untuk menyaingi pesaing, sehingga dapat meningkatkan jumlah konsumen dalam membuat keputusan untuk pembelian sepeda motor Honda pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang. Segmentasi pasar diharapkan perusahaan memperluas pemasaran pada konsumen yang berusia mudah, sehingga jumlah konsumen dapat lebih banyak membuat keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang.

Downloads

Published

2023-03-01