Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Kupang Yang Dimediasi Minat Beli

Authors

  • Indri Minarti Universitas Katolik Widya Mandira
  • Simon Sia Niha Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Augustin Lopes Amaral Universitas Katolik Widya Mandira

Keywords:

Keputusan Pembelian, Persepsi Risiko, Minat Beli

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adaalah (1) Bagaimana persepsi pelanggan tentang kepercayaan, persepsi risiko, minat beli dan keputusan pembelian produk pada Tokopedia? (2) Apakah kepercayaan, persepsi risiko,minat beli, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada Tokopedia? (3) Apakah kepercayaan,persepsi risiko, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli produk pada Tokopedia ? dan (4) Apakah minat beli memediasi pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian produk pada Tokopedia. Penelitian ini dilakukan terhadap responden yang pernah melakukan pembelian pada e-commerce Tokopedia di Kota Kupang. Pada penelitian ini, yang termasuk dalam populasi adalah semua orang yang pernah melakukan pembelian online pada Tokopedia di Kota Kupang. jumlah populasi tidak diketahui dengan pasti, maka jumlah sampel yang ideal dan representative diperoleh dari jumlah dimensi penelitian dikalikan 5 sampai 10. Pada penelitian ini, jumlah indikator sebanyak 18 dan nilai yang ditentukan adalah 6. Maka, jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan melalui formula indikator 18×6. Jadi, sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 108 orang pembeli yang cukup mewakili populasi untuk kemudian diteliti. jenis teknik pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian adalah accidental sampling, menggunakan sarana Google form untuk mengumpulkan data. Analisis data yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan program SmartPLS (Patrial least square). Hasil uji hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa, persepsi tentang kepercayaan adalah Baik. Persepsi tentang variabel persepsi risiko adalah baik, Persepsi tentang Minat Beli adalah cukup baik. Persepsi tentang keputusan pembelian di ecommerce Tokopedia di kota Kupang adalah baik. Sedangkan hasil uji inferensial adalah kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan minat beli, persepsi risiko berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan minat beli. Minat beli memiliki pengaruh dalam memediasi kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefesien determinasi (R²) menunjukkan bahwa kemampuan variabel kepercayaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 67,8% dan kemampuan variabel kepercayaan, persepsi risiko, dan keputusan pembelian terhadap minat beli adalah sebesar 20,8%. Tokopedia bisa lebih memperhatikan keamanan produk pada saat pengiriman agar menghindari kerusakan barang saat proses pengiriman dilakukan, dengan cara menetapkan standar packing barang yang lebih memadai dan merata pada semua merchant dan meningkatkan kemampuan dalam menyediakan, melayani dan megamankan transaksi konsumen untuk lebih meningkatkan kepercayaan konsumen.

Downloads

Published

2023-03-01