STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI SUDUT KEMIRINGAN DRIVE PULLEY DAN BERAT ROLLER TERHADAP DAYA, TORSI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR MATIC 150 CC

Authors

  • Syahrul Bagas Pahlevi Universitas Tidar

Abstract

 

ABSTRAK
Perkembangan teknologi industri seperti kendaraan roda dua mengalami kemajuan dan peningkatan yang menyebabkan banyaknya modifikasi komponen dari kendaraan roda dua atau sepeda motor. Komponen komponen yang dapat di modifikasi atau divariasi seperti halnya roller dan pulley dengan tujuan untuk meningkatkan performa dari kendaraan tersebut. Penelitian iniIbertujuan menganalisis kemiringan sudut pulley dan berat roller terhadap daya, torsi dan bahan bakar pada sepeda motor matic 150 cc. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode metode penelitian kuantitatif, sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi literatur dan studi eksperimen. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian daya mesin (hp) untuk variasi mengalami peningkatan pada kecepatan 5500 rpm - 8500 rpm yaitu diperoleh dari primary pulley 14o dan roller 18 gram, hal itu disebabkan karena primary pulley diperkecil dan menjepil v-belt. Sedangkan hasil pengujian torsi variasi pulley 14o dan roller 15 gram memperoleh nilai tertinggi dibandingkan penggunaan dari primary pulley dan roller lainnya hal tersebut disebabkan karena semakin ringan massa roller maka akan semakin cepat roller bergerak sehingga torsi yang di hasilkan meningkat. Untuk hasil pengujian konsumsi bahan bakar primary pulley 15o dan roller 18 gram menghasilkan SFC tertinggi pada putaran 8500 rpm, dengan tingginya massa primary pulley maka konsumsi bahan bakar akan semakin meningkat disebabkan karena adanya tekanan yang semakin kuat.

Kata kunci : Variasi berat roller, drive pulley, konsumsi bahan bakar

Downloads

Published

20-11-2023