OPTIMALISASI KETANGGUHAN POROS AS0052 PROBOLT DENGAN VARIASI PERLAKUAN PANAS

Authors

  • Andika Tirta Aji Universitas Tidar Magelang

Abstract

Poros roda merupakan komponen stasioner yang memiliki penampang lingkaran dimana terpasang elemen lainnya dan berfungsi untuk mendukung sesuatu beban dengan atau tanpa meneruskan daya. Suku cadang yang beredar di masyarakat banyak yang dimanipulasi sehingga bukan keluaran dari agen resmi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variasi perlakuan panas terhadap kemampuan poros dalam menerima beban kejut dan pengaruhnya pada nilai kekerasan suku cadang poros tidak resmi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitatif dimana variabel bebas yang digunakan adalah temperatur pemanasan 670°C, 790°C, dan 900°C dengan waktu penahanan 60 menit. Data penelitian menunjukan nilai kekerasan spesimen tanpa perlakuan panas 129,12 VHN dan tertinggi pada suhu 790°C yaitu 242,44 VHN. Selanjutnya, nilai impak terendah adalah spesimen dengan suhu pemanasan 670°C yaitu 1,10 J/mm2 dan tertinggi pada suhu 900°C yaitu 2,14 J/mm2. Kandungan karbon pada spesimen tanpa perlakuan panas adalah 0,50% dan spesimen 900°C adalah 0,51%.

Downloads

Published

20-11-2023