STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI SUDUT PENGAPIAN TERHADAP PERFORMA MESIN MOTOR TIGER 200CC

Authors

  • Hardyan Dwi Putro Universitas Tidar

Abstract


ABSTRAK
Capacitor Discharge Ignition (CDI), yang memiliki fitur lebih besar dari sistem tradisional, praktis, dan dapat meningkatkan performa sepeda motor, digunakan di sebagian besar sistem pengapian kendaraan bermotor.. Metode Dalam penelitian ini penulis melaksanakan penelitian terhadap pengoptimalan perubahan sudut pengapian pada motor tiger 200 cc dengan melakukan uji pengamatan pengaruh perubahan sudut pengapian terhadap performa mesin. dengan berturut-turut ditunjukkan oleh penelitian ini mengamati akibat perubahan suatu metode dan kemudian hasilnya dibandingkan. Torsi maksimal berhubungan dengan konsumsi bahan bakar spesifik minimal pada perubahan sudut pengapian 8° disebabkan oleh perbedaan waktu pengapian memercikan bunga api pada silinder ruang bakar. Hasil pengujian torsi maksimal berhubungan dengan konsumsi bahan bakar spesifik minimal pada perubahan sudut pengapian dari 12° disebabkan oleh perbedaan waktu pembakaran diruang bakar. Sedangkan hasil pengujian daya maksimal berhubungan dengan torsi maksimal pada perubahan sudut pengapian 8° disebabkan oleh perbedaan waktu percikan api pada busi.

Kata kunci : Daya, torsi, konsumsi Bahan Bakar

Downloads

Published

20-11-2023