ANALISIS PENGARUH VARIASI IGNITION TIMING DAN INJECTION TIMING TERHADAP UNJUK KERJA MESIN PADA MOTOR BAKAR BENSIN 150 CC
Keywords:
Motorfuels, Juken power ECU, Ignition timing, Injection timingAbstract
ECU atau Modul Kontrol Unit merupakan bagian sistem yang berada pada sepeda motor terkini, ECU adalah
alat untuk mengatur kinerja mesin EFI. Fungsi ECU meliputi pemrosesan data yang diinjeksikan melalui sinyal
yang ditangkap oleh sensor, setelah itu sinyal tersebut diproses oleh ECU dan digunakan untuk mengoperasikan
waktu penyemprotan bahan bakar dan waktu percikan bunga api oleh busi, Pada ECU standar yang memiliki
kekurangan yaitu memiliki limiter percikan bunga api pada putaran mesin tinggi yang kurang stabil oleh karena
itu pada penelitian ini peneliti ingin mengganti ECU dengan ECU aftermarket dan remapping ECU tersebut
pada mode ekonomis dan performance dengan Injection timing diperkaya 5% dan Ignition Timing diajukan 3
derajat sebelum TM A yang bertujuan agar pembakaran lebih sempurna dan unjuk kerja mesin lebih meningkat.
Jenis pengujian yang dilakukan adalah uji daya, uji torsi, uji konsumsi bahan bakar spesifik dan emisi gas
buang, hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan ECU aftermarket tanpa limiter memiliki nilai unjuk
kerja mesin lebih baik dari ECU standarnya.
Kata kunci : Motor bakar, ECU juken power, Ignition timing, Injection timing