MENUMBUHKAN SIKAP CINTA TANAH AIR MELALUI PELATIHAN TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KERTAS
Keywords:
cinta tanah air, media, wayang kertasAbstract
Pendidikan karakter merupakan sikap positif yang harus dibiasakan dan ditumbuhkan sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga dan sekolah. Upaya dalam mengaplikasikan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya menumbuhkan sikap cinta tanah air. Tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan kepada anak TK di Desa Jombok Kecamatan Ngantang dalam membiasakan sikap cinta tanah air yang tertuang dalam pendidikan karakter melalui penggunaan media wayang kertas dan cerita Pandowo. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode bercerita, ceramah, keterampilan mewarnai, dan partisipasi aktif dari anak. Hasil yang diperoleh dari pelatihan yaitu anak mulai mengetahui budaya lokal berupa wayang dan nama-nama tokoh pewayangan. Dengan pelatihan ini, terdapat peningkatan karakter cinta tanah air yang nampak dari siswa-siswa TK di Desa Jombok Kecamatan Ngantang. Mereka lebih mengenal dan mencintai salah satu budaya tanah air, yaitu wayang kulit.
References
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105-113.
Ikhsan, M. A. (2017). Nilai-nilai cinta tanah air dalam perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 108-114.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rozhana, K. M & Sari, N, K. (2018). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan sikap nasionalisme. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Dosen dan Guru Indonesia, 2.
Wulandari, Y. & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Journal of Community Service in Public Education (CSPE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.