PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN MEDIA PROMOSI BERBASIS BAHASA NEGARA DI RUANG PUBLIK GUNA PENINGKATAN WISATAWAN DI GUNUNG GIYANTI BALESARI

https://doi.org/10.31002/cspe.v2i1.106

Authors

  • Theresia Pinaka Universitas Tidar
  • Muhammad Daniel Fahmi Rizal Universitas Tidar
  • Winasti Rahma Diani Universitas Tidar

Keywords:

Bahasa Negara, Konten Promosi, Wisata Gunung Giyanti

Abstract

Salah satu desa di Kecamatan Windusari yang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai desa wisata adalah Desa Balesari. Salah satu objek wisata alam yang mulai populer adalah Gunung Giyanti. Tujuan pengabdian adalah mengembangkan potensi Desa Balesari untuk menjadi desa wisata melalui pelatihan; 1) pembuatan konten promosi iklan menggunakan media sosial dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, 2) pelatihan pembuatan papan informasi dan papan penunjuk arah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Metode kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah dengan pendekatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu observasi, perencanaan, pelaksanaan, pelatihan, dan evaluasi. Hasil pengabdian ini adalah meningkatnya pemahaman dan keterampilan berbahasa Indonesia anggota Karang Taruna Desa Balesari dan Pokja Wisata Gunung Giyanti. Keterampilan berbahasa tersebut berupa keterampilan untuk memproduksi bahasa iklan sebagai produk promosi dari wilayah Gunung Giyanti, dan keterampilan menggunakan bahasa Negara di ruang publik untuk papan penunjuk jalan, papan nama, dan papan informasi di sekitar wisata Gunung Giyanti. Selain itu dihasilkannya akun media sosial khusus wisata Gunung Giyanti dan produk iklan di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan Twitter.

References

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat: Sebuah Pendekatan Konsep. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Munir, R.,& Fitanto, B. (2005). Pengembangan Ekonomi Lokal Partisipatif: Masalah, Kebijakan, dan Panduan Pelaksanaan Kegiatan. Jakarta: Local Governance Support Program, USAID

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata Di Provinsi Jawa Tengah.

Raditya. (2016). Wisata Religi Bukit Giyanti Desa Pasangsari Kecamatan Windusari. Diakses dari https://kecamatanwindusari.magelangkab.go.id/home/detail/wisata-religi-bukit-giyanti-desa-pasangsari-kecamatan-windusari/39 pada tanggal 25 Oktober 2021.

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles