PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL LITERASI BERSTANDAR ASESMEN KOMPETENSI MINIMAL (AKM) BAGI MGMP BAHASA INGGRIS SMA KABUPATEN MAGELANG

https://doi.org/10.31002/cspe.v2i2.107

Authors

  • Widya Ratna Kusumaningrum Universitas Tidar
  • Atsani Wulansari Universitas Tidar
  • Taufik Arochman Universitas Tidar

Keywords:

literasi asesmen, HOTS, MGMP, asesmen nasional

Abstract

Isu pendidikan mutakhir yang akhir-akhir ini ramai diperbicangkan adalah penghapusan ujian nasional (UN) dan penggantian menjadi asesmen nasional (AN). Sebagai pengganti UN, AN ini bertujuan untuk melihat dan menilai secara komprehensif kualitas proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa di segala jenjang pendidikan mulai dari jenjang dasar hingga menengah. Akan tetapi, bagi sebagian guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Magelang serta menjadi sasaran pengabdian kepada masyarakat, penggantian UN menjadi AN memicu kerisauan. Mencermati kondisi di atas, solusi yang ditawarkan ke mitra adalah memberikan pendampingan dan pelatihan mengembangkan/mendesain model-model soal literasi berstandar asesmen kompetensi minimal (AKM). Pelatihan dan pendampingan yang akan dilaksanakan menggunakan Model Latihan Partisipatif (Participatory Training Model) yang mencakup 10 langkah kegiatan yang dilaksanakan dilakukan dalam bentuk in the class training-1, on the job training dan in class training-2 (in-on-in). Secara umum, pelaksanaan kegiatan PKM berjalan lancar, peserta memahami karakteristik soal literasi berstandar AKM, tersedianya buku panduan praktis mendesain soal literasi berstandar AKM berbasis HOTS yang dikembangkan oleh tim pelaksana, dan peserta mampu mendesain soal literasi berstandar AKM yang berbasis HOTS.

References

GTK Dikdas. (2020). Mari mengenal PISA. Diakses dari http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/mari-mengenal-pisa

Kamil, M. (2012). Model pendidikan dan pelatihan (Konsep dan aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Karma, K. C. F & Kusumaningrum, W. R. (2018). Developing model of diagnostic test instruments based on dynamic assessment in identifying the level of development of English potential skills. Proceeding Language and Language Teaching Conference (LLTC). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Kasih, A. P. (2020). Nilai PISA siswa Indonesia rendah, Nadiem siapkan 5 strategi ini. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/05/154418571/nilai-pisa-siswa- indonesia-rendah-nadiem-siapkan-5-strategi-ini?page=all

Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kusumaningrum, W. & Ferri Karma, P. (2018). The integration of dynamic assessment in L2 classroom: How students perceive it?. Vision: Journal for Language and Foreign Language Learning, 7(2), 132-142. doi:http://dx.doi.org/10.21580/vjv7i23024

Kusumaningrum, W. D. & Wulansari, A. (2015). Assessing learners potential literary comprehensive level on popular movies by using dynamic assessment principles. Proceedig English Language Teaching, Literature, and Translation Conference. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kusumaningrum, W. D., Anggraeni, C. W., & Asmara, R. (2020). Envisaging the needs for designing L2 pronunciation assessment. Proceeding International Conference on Language and Language Teaching. Magelang: Universitas Tidar.

Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2014). Educational assessment of students. London: Pearson.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Desain pengembangan soal AKM. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sani, A. F. I. (2019). Mendikbud Nadiem Makarim hapus ujian nasional mulai 2021. Diakses dari https://nasional.tempo.co/read/1282545/mendikbud- nadiem-makarim-hapus-ujian-nasional-mulai-2021

Published

2022-10-30