LITERASI DIGITAL MELALUI PHET COLORADO GUNA MENINGKATKAN INOVASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI DESA BALEAGUNG

https://doi.org/10.31002/cspe.v3i2.1071

Authors

  • Syaeful Anam Universitas Tidar
  • Fatih Rahmawati Universitas Tidar
  • Dwi Nugraeni Universitas Tidar
  • Arik Aristiyani Khusnah Universitas Tidar
  • Fajar Maulana Universitas Tidar
  • Suamanda Ika Novichasari Universitas Tidar

Keywords:

Literasi Ditigal, Media Pembelajaran, PhET Colorado

Abstract

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan tim KKN bertujuan untuk meningkatkan literasi digital mengenai inovasi media pembelajaran berbasis digital bagi pendidik di SD Negeri Desa Baleagung melalui PhET Colorado. Media pembelajaran PhET Colorado ini dipilih untuk disosialisasikan dengan alasan bahwa pada tingkat Sekolah Dasar terdapat mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang memerlukan praktikum. Kegiatan praktikum siswa dengan PhET Colorado dapat dilaksanakan secara virtual dan interaktif. Penggunaan PhET Colorado juga memiliki kelebihan yaitu dapat melakukan praktikum secara ideal yang tidak dapat dilakukan secara konvensional menggunakan alat yang nyata. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan diantaranya tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan ini 100% peserta yang terdiri dari guru kelas memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru terkait media pembelajaran PhET Colorado. Peningkatan pengetahuan PhET Colorado oleh peserta dapat dilihat dari lima item pertanyaan yang menyatakan sebesar > 75% menunjukkan hasil peningkatan sehingga dapat disimpulkan kegiatan sosialisasi meningkatkan pengetahuan mengenai PhET Colorado pada peserta sosialisasi. Sebesar 40% respon peserta sosialisasi menyatakan tahu cara menggunakan dan memanfaatkan PhET Colorado dan 60% peserta menyatakan sangat tahu. Peserta sosialisasi juga memandang bahwa pemanfaatan dan penggunaan PhET Colorado mudah diterapkan sebagai media pembelajaran. Meningkatnya pemahaman dan kemampuan peserta sosialisasi dapat menjadikan acuan para peserta untuk memanfaatkan PhET Colorado sebagai inovasi dan alternatif media pembelajaran khususnya untuk kegiatan praktikum.

Kata Kunci: literasi digital, Media pembelajaran, PhET Colorado

References

Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).

Sidik, H. M. (2020). Efektivitas Simulasi PhET Colorado pada Materi Alat Ukur Listrik dan Penerapan Listrik Arus Searah menggunakan Model POE2WE. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 50-56.

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan PhET Simulation bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 55-62.

Finkelstein, et.al. (2005). “When Learning About the Real World is Better Done Virtually: A Studi of Substitutung Computer Simulations for Laboratory Equipment”. Physics Education Research. APS (1) 1-8.

Fithriani, S. L., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi phet dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45-52

Naila, I., Ridlwan, M., & Amirul Haq, M. (2021). Literasi digital bagi guru dan siswa sekolah dasar: Analisis konten dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2).

Nur, G. D. L. (2014). Pembelajaran vokal grup dalam kegiatan pengembangan diri di SMP negeri 1 panumbangan ciamis (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2).

Swandi, A., Hidayah, S. N., & Irsan, L. J. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia, 18(52), 20-24.

Taufiq, M. (2008). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Compact Disc untuk menampilkan Simulasi dan Virtual Labs Besaran-besaran Fisika. J. Pijar MIPA, 3 (3), 68-72.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 238.

Published

2023-10-30