PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYIARAN KELOMPOK KARANG TARUNA KELURAHAN CIGADUNG KECAMATAN CIBEUNYING KALER KOTA BANDUNG MELALUI PRODUKSI SIARAN PODCAST

https://doi.org/10.31002/cspe.v2i2.175

Authors

  • Mochamad Iqbal Universitas Pasundan
  • Muhammad Fazri Candra Universitas Pasundan
  • Salma Salsabila Universitas Pasundan
  • Rasil Khairin Universitas Pasundan

Keywords:

Building Skill, Karang Taruna, Pelatihan, Podcast, Produksi Konten

Abstract

Di era seperti sekarang ini, banyak khalayak yang senang mendengarkan audio secara daring melalui platform digital yang disebut podcast. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberdayakan kemampuan dan pengetahuan para pemuda Karang Taruna Berkarya dalam memproduksi siaran podcast sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat guna mengetahui potensi dan mengenalkan ekonomi kreatif yang ada di wilayah Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler. Kegiatan pendampingan yang dilakukan pada program pengabdian kepada masyarakat ini juga bertujuan agar terciptanya kreativitas dan kemampuan pemuda karang taruna melalui tiga tahapan, yaitu pengarahan berupa pembekalan materi tentang practicing dan building skill, pendampingan dalam pemberian materi podcast, dan fasilitasi yang fokus pada pembuatan media sosial sebagai alat untuk mendokumentasikan aktivitas kegiatan ketika pelatihan produksi siaran podcast berlangsung. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pemberian materi, diskusi, dan simulasi. Adapun masalah yang dimiliki oleh mitra adalah mitra belum memiliki kemampuan dalam membuat materi atau ide kreatif untuk produksi podcast. Selain itu, mitra belum mampu mengembangkan komoditi podcast dengan efektif. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pendekatan kontekstual yaitu memberikan materi teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pengarahan dan pendampingan mitra dalam membuat materi ide kreatif, persiapan presentasi, dan teknik dasar produksi podcast. Lalu dilanjutkan dengan metode fasilitasi menggunakan video tutorial interaktif sebagai alat dokumentasi kegiatan podcast bagi masyarakat.

References

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai alternatif distribusi konten audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104.

Hepburn, M.A. (1997). Service learning in civic education: A concept with long, sturdy roots. Theory into Practice, 36, 136–142.

Konadi, W. & Iba, Z. (2011). Bonus demografi modal membangun bangsa yang sehat dan bermartabat. Majalah Ilmiah Unimus, 2(6), 18–24.

Manunggal, S. (2015). Buku karang Taruna Setyo Manunggal. Yogyakarta: Setyo Manunggal.

Moekijat. (1995). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Bandung: Mandar Maju.

Shofa, A. M. I. A., Riyono, B., & Giyarsih, S. R. (2016). Peran pemuda dalam pendampingan mahasiswa difabel dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi pemuda (Studi di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 22(2), 199-216.

Wuryan, S. & Syaifullah. (2008). Ilmu kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI.

Published

2022-10-30