Pendampingan Wirausaha Melalui Sarana Komunikasi, Informasi, Motivasi, dan Edukasi pada Masyarakat Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Budi Rahardjo Universitas Tidar
  • Axel Giovanni Universitas Tidar
  • Shinta Ratnawati Universitas Tidar

Keywords:

komunikasi, informasi, motivasi, edukasi, disabilitas

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai kami tim pengabdian ingin meningkatkan kemandirikan penyandang disabilitas melalui ruang diskusi komunikasi, informasi, motivasi, dan edukasi kewirausahaan yang berkesinambungan. Maka permasalahan yang memerlukan pendampingan untuk penyelesaiannya antara lain terbatasnya ruang diskusi komunikasi, informasi, masalah motivasi, dan kurangnya edukasi tentang kewirausahaan. Tujuan dari pengabdian ini adalah Meningkatnya kemampuan komunikasi, informasi, motivasi, dan edukasi tentang kewirausahaan pada anggota FPDM guna mengembalikan fungsi sosial mereka pada kehidupan bermasyarakat; Menciptakan ketenteraman, dan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat; Membantu meningkatkan keterampilan berpikir dalam tata cara berwirausaha. Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan pelatihan.

References

Azis, I. S. A., Amlayasa, A. A. B., & Ganawati, N. (2021). PKM PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PEMBUATAN ANEKA KUE DI YAYASAN BHAKTI SENANG HATI, GIANYAR. Jurnal Dharma Jnana, 1(2), 96–104.

datago.magelangkota.go.id. Diakses Juli 2020

Ningsih, E. R. (2014). Mainstreaming Isu Disabilitas di Masyarakat dalam Kegiatan Penelitian Maupun Pengabdian Masyarakat di Stain Kudus. Jurnal Penelitian, 8(1), 71–92.

Rianda, A., Esterilita, M., Rochman, U. H., & Mintarja, E. (2020). Pengembangan Ekonomi Produktif Penyandang Disabilitas Daksa Di Kota Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita, 1(01).

Santoso, H. B., Wibowo, A., Delima, R., & Siang, J. J. (2019). PELATIHAN KOMPUTER BAGI MASYARAKAT PENYANDANG DISABILITAS. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 37–47.

Published

2021-10-30