PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SMA NEGERI 1 GRABAG MELALUI PENDAMPINGAN PENULISAN BUKU AJAR

https://doi.org/10.31002/cspe.v3i1.239

Authors

  • Delfiyan Widiyanto Universitas Tidar
  • Hari Wahyono Universitas Tidar

Keywords:

Kompetensi profesional, penulisan buku ajar, ketrampilan guru

Abstract

Keterampilan guru dalam penulisan buku ajar masih rendah, masih terdapat guru yang menggunakan materi ajari dari lembar kerja siswa. Hal ini disebabkan guru belum terbiasa dan mendapatkan kesulitan dalam penulisan buku ajar. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam penulisan buku ajar. Pendampingan penulisan ajar bagi Guru SMA digunakan untuk meningkatkan kompetensi profesional. Mitra memiliki kendala pemahaman penyusunan buku ajar secara teknis dan memahami kurikulum merdeka. Sebelum pengabdian guru belum dapat melengkapi buku ajar, masih sebatas ringkasan materi. Kegiatan ini diharapkan guru dapat menyusun buku ajar dan mencetak buku ajar ber-ISBN. Metode pengabdian masyarakat menggunakan metode partisipatory rural appraisal (PRA). Peran tim pengabdian sebagai fasilitator, pendamping, dan review buku ajar yang telah disusun oleh guru. Hasilnya terdapat peningkatan keterampilan profesional guru dalam penyusunan buku ajar, guru dapat menyusun buku ajar sesuai kaidah penulisan, dan buku ajar dapat dicetak ber ISBN.

References

Astari, N. M., & Efelina, V. (2021). Penerapan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) pada susu kedelai di Desa Kutagandok. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5(1), 164-176.

Bagou, Dewi Yulmasita & Arifin Suking. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Education management. 1 (2) 122-130.

Febrianto, Rohmat. & Flora Puspitaningsih. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education: Journal Education Research dan Development. 4 (1)

Libiawati, Dewi. Dian Indihadi, & Akhmad Nugraha. (2020). Analisis Kebutuhan Penyusunan Buku Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Menulis Teks Eksplanasi. Pendidaktia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7 (2). 77-82

Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.

Noviyanti & Gading Gamaputra. (2020). Model Pengembangan ADDIE dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D III Administrasi Negara FISH Unesa). 4 (2). 100-120

Rahmatullah,& Inanna. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1)

Sitepu, B.P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Subaidi, Maswan, & Purwo Adi Wibowo. (2020). Pelatihan Penulisan Buku Ajar Bagi Guru di MA Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara. Jurnal J-Abdipmas. 4 (1), 93-98

Suhardjono. (2001). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta : FKUI

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles