PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN PUBLIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BIOLOGI SMA DI KABUPATEN MAGELANG

https://doi.org/10.31002/cspe.v3i1.260

Authors

  • Ika Sukmawati Universitas Tidar
  • Karunia Galih Permadani Universitas Tidar

Keywords:

guru, jurnal, penulisan, publikasi, kompetensi profesional

Abstract

Berdasarkan kompetensi profesional nomor 4, pengembangan keprofesionalan berkelanjutan melalui tindakan reflektif telah umum dilakukan guru dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bagi guru, salah satu kegiatan pengembangan profesi adalah publikasi ilmiah. Publikasi Ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan kepada masyarakat. Publikasi ilmiah dianggap penting dalam menunjang aktivitas guru sebab dengan melakukan publikasi ilmiah. Tujuan yang ingin dicapai melalui pelaksanaan PkM ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam menulis ilmiah dan publikasi khususnya berupa artikel dari hasil PTK; serta membantu guru memenuhi salah satu produk yang bermanfaat dalam penilaian kinerja guru dan kenaikan pangkat. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode survei, wawancara, pelatihan, dan pendampingan yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yakni meningkatnya pemahaman guru mengenai penulisan artikel ilmiah merupakan bgian tidak terpisahkan dari pengembangan keprofesian berkelanjutan guru, pemahaman guru bahwa penulisan artikel ilmia dapat dilakukan oleh guru melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pemahaman terhadap proses publikasi jurnal ilmiah yang berbasis Open Journal System (OJS). Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan, secara garis besar dapat disimpulkan mira mendapatkan manfaat dan cukup puas dengan kegiatan yang telah dilaksanakan. Harapannya kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan topik-topik yang lebih bervariasi.

References

Ananda, A. F., Mukhadis, A., & Andoko, A. (2010). Kinerja guru kejuruan bersertifikat pendidik ditinjau dari standar kompetensi guru profesional sesuai undang-undang nomor 14 tahun 2005. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 33(1), 65-80.

Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 59-65.

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22.

Hasan, H., & Rahmani, D. R. (2021). Pentingnya publikasi ilmiah bagi guru. Publishing Letters, 1(1), 16-19.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru: Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Gruu Pembelajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Krismanto, W. (2016). Publikasi Ilmiah Sebagai Wujud Profesionalisme Guru. In: Diklat Literasi Guru: Dahsyatnya menulis KTI Guru, 11 Mei 2016, La Maca Hotel Makassar.

Murni, M. (2019). Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan. Intelektualita, 5(02), 27-45

Novauli, F. (2015). Kompetensi guru dalam peningkatan prestasi belajar pada smp negeri dalam kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 45-67.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 16 Tahun 2009.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2011 Tentang Terbitan Berkala.

Ratnaningsih, N. (2020). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Siswoyo, A. A., & Hotimah, K. (2021). Pengembangan budaya literasi menulis bagi guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan PTK dan artikel ilmiah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 51-56.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Windasari, A., Hariyadi, B., Firman, R., & Alvinita, N. (2023). Peranan Tenaga Pendidik untuk Mencapai Implementasi Pendidikan yang Cerdas dan Berkarakter. Journal of Education on Social Issues, 2(3), 267-286.

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles