SEKOLAH PEREMPUAN MENGEJAR MIMPI (SERUMPI) Di DESA KALIREJO

https://doi.org/10.31002/cspe.v3i2.281

Authors

  • Wahyu Putri Ambar Arum Universitas Tidar
  • Nurvian Santri Alim Universitas Tidar
  • Noverilita Pramesthi Baby Ayuni Universitas Tidar

Keywords:

Kurikulum, Pemberdayaan, Perempuan, Sekolah

Abstract

Peran dan fungsi perempuan sangat strategis dalam keluarga dan masyarakat. Namun banyaknya kecendurangan perempuan yang tidak bisa memaksimalkan peran yang dimilikinya dengan baik menjadikan posisi perempuan menjadi tertinggal. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu perlu adanya pemberdayaan sebuah konsep program yang dapat memberikan dampak dalam peningkatan peran para perempuan untuk pembangunan masyarakat sekaligus menjadi solusi pada permasalahan yang berkaitan dengan perempuan di Desa Kalirejo. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi korelasional. Dalam hal ini kami mengusung beberapa program implementasi dari kurikulum yang telah dibuat. Kurikulum yang dibuat yaitu, kurikulum dasar dan kurikulum lanjutan. Kegiatan dari kurikulum dasar yaitu kegiatan keagamaan dan kegiatan pendidikan. Sedangkan kegiatan dari kurikulum lanjutan yaitu kegiatan kewirausahaan dan kegiatan kesehatan.

References

Ainiyah, Q. (2017). Urgensi pendidikan perempuan dalam menghadapi masyarakat modern. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 97-109.

Manurung, T. H., Prasuci, N., Miwadari, M., Pranasari, S., & Aprilia, R. (2021). Upaya Pengenalan Pentingnya Pendidikan dan Dampak Pernikahan Dini pada Anak di Rumah Cerdas Anak Perempuan (CAPER) Desa Danau Sijabut. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 5, 118-122.

Published

2024-07-26