REHABILITASI BANGUNAN PERPUSTAKAAN DESA BALESARI, KECAMATAN WINDUSARI, KABUPATEN MAGELANG UNTUK PENINGKATAN AKSES PENDIDIKAN MASYARAKAT

https://doi.org/10.31002/cspe.v3i1.467

Authors

  • EVI PUSPITASARI Universitas Tidar
  • FAJAR SUSILOWATI UNIVERSITAS TIDAR
  • ALI MURTOPO UNIVERSITAS TIDAR

Keywords:

desa, minat baca, perpustakaan, rehabilitasi

Abstract

Perpustakaan sebagai gudang ilmu pengetahuan memiliki peran penting dalam upaya memperluas wawasan serta menambah ilmu pengetahuan masyarakat. Minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah dan dapat berdampak pada tingkat kualitas pendidikan yang buruk. Rendahnya kualitas pendidikan ini akan berimplikasi pada kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola masa depan. Pemerintah berupaya mendorong minat baca masyarakat dengan menerbitkan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007. Isi dari Undang-Undang ini salah satunya menjelaskan mengenai perpustakaan desa, dimana perpustakaan desa merupakan jenis perpustakaan umum yang wajib dimiliki oleh pemerintah desa. Pemerintah desa mitra, yaitu desa Balesari memiliki berbagai kendala dalam membangun perpustakaan desa, yaitu bangunan perpustakaan sudah ada, namun tidak ada isinya, minimnya sarana dan prasarana gedung, tidak adanya koleksi pustaka, hingga ketiadaan sumber daya manusia dalam membangun dan mengelola perpustakaan. Untuk itulah, Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Rehabilitasi Bangunan Perpustakaan Desa di Desa Balesari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang” sangat penting untuk dilakukan. PKM ini dilakukan dengan koordinasi dan diskusi dengan mitra tentang perancangan gambar teknik perpustakaan yang terdiri dari gambar denah, interior dan eksterior dan praktek aplikasi gambar teknik yang telah dibuat untuk rehabilitasi perpustakaan desa. Dari pelaksanaan PKM ini diharapkan masyarakat desa Balesari akan memiliki bangunan perpustakaan yang layak dan nyaman, serta minat baca masyarakat desa Balesari dapat semakin meningkat.

References

Alam, S. (2015). Membangun Perpustakaan Desa Menjadi Peletak Dasar Lahirnya Budaya Baca Masyarakat di Pedesaan. Jupiter, 14(2), 78–82. Diakses dari http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/viewFile/40/38

Ariyani, L.P.S, Wayan M, Nengah B.A, D. M. (2017). Pemberdayaan Pemuda dalam Pengembangan Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat UNDIKSHA, 449–455.

Kebudayaan, K. P. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(2), 70–81.

Sukoco, J. B., & Winarni, L. (2018). Administrasi Pengelolaan Perpustakaan di Desa Puro Kabupaten Sragen. Journal of Public Administration and Local Governance, 2(2), 60-79.

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles