Pengembangan Aset Brand Guidelines sebagai Alat Pendukung Program 3S di Wisata Jeruk Desa Samar

Authors

  • Abdul Rahman Prasetyo
  • Joko Sayono
  • Ahmad Mursyidun Nidhom
  • Nila Rahmawati
  • Mohamad Firzon Ainur Roziqin
  • Alby Aruna
  • Eka Putri Surya
  • Adinda Marcelliantika

DOI:

https://doi.org/10.31002/ijtbe.v1i1.1464

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ini membahas pengembangan aset Brand Guidelines sebagai alat pendukung untuk program Samar Selaras Seragam di Wisata Jeruk Desa Samar. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan pedoman merek yang konsisten dan terukur untuk memperkuat identitas merek Wisata Jeruk Desa Samar. Hasil validasi ahli media menunjukkan tingkat persetujuan sebesar 88%, menunjukkan bahwa panduan ini diterima dengan baik oleh para ahli media. Selain itu, melalui analisis data persepsi pengguna terhadap logo, ditemukan bahwa pengguna meresponsnya dengan tingkat persentase skor rata-rata sebesar 89,6%. Hasil ini mengindikasikan bahwa logo yang disajikan dalam brand guidelines mendapat dukungan kuat dari pengguna dan secara signifikan meningkatkan pemahaman tentang merek Wisata Jeruk Desa Samar. Implementasi brand guidelines ini dapat mendukung program Samar Selaras Seragam dengan cara yang efektif dan berkelanjutan, serta memperkuat identitas merek di tingkat lokal maupun regional. Artikel ini menyediakan wawasan yang berharga bagi pengelola dan pemangku kepentingan dalam upaya meningkatkan citra merek dan mempromosikan wisata jeruk di Desa Samar.

Kata kunci: 3S, Jeruk, Brand, Guidelines, Samar

Downloads

Published

2024-04-29

Issue

Section

Articles