Literatur Review: Pengaruh Media Sosial terhadap Industri Pariwisata dari Perspektif Destinasi dan Wisatawan

Authors

  • Kenyo Kharisma Kurniasari
  • Eki Melina Widanti
  • Atika Nur Hidayah

DOI:

https://doi.org/10.31002/ijtbe.v1i1.1467

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana dampak media sosial terhadap industri pariwisata, terutama dari sudut pandang wisatawan, pengelola destinasi, dan pemasar sebagai pemangku kepentingan pariwisata yang paling bergantung pada media sosial. Pesatnya pertumbuhan teknologi memudahkan wisatawan dalam memperoleh informasi sebelum melakukan perjalanan. Pada saat yang sama, mereka juga menjadi penghasil informasi dengan membagikan pengalaman wisata mereka melalui media sosial. Akibatnya, destinasi dengan strategi media sosial yang lebih baik dapat memperoleh jumlah pengunjung yang berlebihan. Oleh karena itu, pergeseran tren ini perlu dibarengi dengan perencanaan dan regulasi pariwisata yang tepat dengan tujuan menjaga aktivitas pariwisata selalu ramah dan menghindari pariwisata berlebihan di satu lokasi. Selain itu, pemahaman tentang perilaku wisatawan terkait dengan konsumsi media sosial akan membantu pengelola destinasi dan pemasar dalam meningkatkan penggunaan media sosial di masa mendatang.

Kata kunci: media sosial, industri pariwisata, destinasi wisata, persepsi wisatawan

Downloads

Published

2024-04-29

Issue

Section

Articles