PELATIHAN MANAJEMEN DAN VISUALISASI DATA KEPENDUDUKAN UNTUK PERANGKAT DESA JATEN KABUPATEN KARANGANYAR

https://doi.org/10.31002/cspe.v2i2.195

Authors

  • Muhammad Bayu Nirwana Universitas Sebelas Maret
  • Hasih Pratiwi Universitas Sebelas Maret
  • Yuliana Susanti Universitas Sebelas Maret
  • Respatiwulan Universitas Sebelas Maret
  • Sri Sulistijowati Handayani Universitas Sebelas Maret
  • Niswatul Qona'ah Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Jaten Village, population profile, statistics, training

Abstract

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kota Surakarta dan termasuk dalam wilayah eks Karesidenan Surakarta. Berbatasan langsung dengan kabupaten lain, terutama Kota Surakarta, membuat Kecamatan Jaten lebih diminati dan dipilih sebagai tempat bermukim. Selain itu Kecamatan Jaten, khususnya Desa Jaten, juga dekat dengan pusat Kabupaten Karanganyar, dilalui jalur utama provinsi dan jalur utama kabupaten. Kecamatan Jaten termasuk pusat kegiatan lokal dan kawasan strategis kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi berpotensi tinggi serta kawasan peruntukan industri besar. Profil penduduk Desa Jaten merupakan sumber informasi untuk kondisi masyarakat di Desa Jaten, yang informasinya dari tahun ke tahun dapat diakses oleh publik. Sebagai ilmu yang mempelajari tentang cara pengumpulan, analisis, dan pengambilan keputusan dari data, pengetahuan tentang statistika merupakan ilmu penunjang yang penting untuk dimiliki oleh perangkat desa dan kecamatan untuk mengetahui keadaan penduduk. Program pengabdian masayarakat dalam bentuk pelatihan untuk melakukan manajemen dan visualisasi data desa dapat membantu perangkat desa Jaten dalam memahami profil penduduk. Materi pelatihan yang diberikan berupa manajemen data menggunakan Microsoft Excel di antaranya mempelajari fitur validasi data,peringkasan data penggunaan fitur tabel pivot, dan pembuatan grafik berdasarkan data yang telah diolah. Peserta pelatihan merupakan perangkat desa Jaten berjumlah 14 orang. Pelatihan ini berhasil memberikan wawasan dan keterampilan baru pada perangkat desa tentang fitur-fitur Microsoft Excel yang berguna dalam manajemen dan visualisasi data desa.

References

BPS Kabupaten Karanganyar. (2021). Kecamatan Jaten Dalam Angka 2021. Karanganyar: Badan Pusat Statistik.

Ferawati, K., Nirwana, M.B., Pratiwi, H., Handajani, S.S., Respatiwulan, Susanti, Y., Qona'ah, N. (2021). Pemanfaatan Excel untuk Analisis dan Visualisasi Data Kesehatan Masyarakat Kabupaten Sukoharjo. Prosiding PKM-CSR, Vol. 4. 528-535.

Hastuti, S.H.D. (2020). Pentingnya Pemanfaatan Data Kependudukan di Era Digital. Jurnal Teknimedia, 1(1), 18-21.

Kecamatan Jaten. (2020). Peta Wilayah Kecamatan Jaten (On-line). Website Kecamatan Jaten Kabupaten Karangnayar. Diakses dari https://jaten.karanganyarkab.go.id/2020/03/25/peta-wilayah-kecamatan-jaten/ pada tanggal 15 Juli 2020.

Lestariningsih, E., Ardhianto, E., Handoko, W.T., Supriyanto, E. (2018). Visualisasi Data Penduduk Berbasis Web di Kelurahan Mranggen Kabupaten Demak Menggunakan Highcart 5.0.6. Dinamika Informatika, 10(1), 25-33.

Mugiarso, Sugiyatno, Atika, P., D., Ismaniah. (2020). Pelatihan Microsoft Office Pada Perangkat Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 19-26.

Pratiwi, H., Qona'ah, N., Ferawati, K., Handajani, S.S., Respatiwulan, Susanti, Y., Nirwana, M.B. (2020). Penggunaaan Geoda untuk Pemetaan Bencana Alam di Kabupaten Karanganyar. Prosiding PKM-CSR, Vol. 3. 520-524.

Wali, M., Mukhtar. (2020). Pelatihan Microsoft Excel 2013 Dalam Rangka Membentuk Tenaga Pengajar Yang Profesional. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1), 31-34.

Warjiyono, Suryanti, E., Rousyati, Fatmawati, F., Tazali, I., Lisnawati, Rosihyana. (2021). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 156-163.

Published

2022-10-30

Most read articles by the same author(s)