PELATIHAN PROGRAM LINIER METODE GRAFIK DENGAN SOFTWARE TORA UNTUK GURU SMP KABUPATEN KARANGANYAR DAN SUKOHARJO

https://doi.org/10.31002/cspe.v3i2.937

Authors

  • Sri Sulistijowati Handajani Universitas Sebelas Maret
  • Hasih Pratiwi Prodi Statistika FMIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Yuliana Susanti Prodi Statistika FMIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Respatiwulan Prodi Statistika FMIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Muhammad Bayu Nirwana Prodi Statistika FMIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

fungsi obyektif, program linier, TORA, sensitivitas

Abstract

Aplikasi atau software TORA merupakan salah satu aplikasi matematika khususnya pokok bahasan Program Linier yang berguna untuk membantu dalam penyelesaian model program linier secara mudah dan cepat. Berbagai permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari sering dapat diformulasikan dalam suatu sistem yang bersifat sistematis yang dikenal dengan pemodelan matematika. Salah satu bentuk pemodelan matematika berupa model program linier yang berupa pengoptimalan fungsi obyektif  berdasarkan kendala-kendala yang ada. Apabila terdapat lebih dari dua variabel dan jumlah kendala yang banyak maka perhitungan manual optimasi program linier akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan ketelitian yang cukup tinggi untuk mendapatkan hasil yang valid. Oleh karena itu untuk menyelesaikan program linier dengan mudah, cepat dan akurat, perhitungan optimasi dapat menggunakan bantuan aplikasi TORA untuk lebih cepat memperoleh hasil yang valid. Di sekolah menengah pertama, materi program linier untuk dua variabel sudah diperkenalkan dalam kurikulum mata pelajaran matematika. Para guru Matematika perlu mengetahui aplikasi tersebut sehingga memudahkan guru dalam mengajarkan materi ini. Program pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan TORA bertujuan untuk mengajarkan bagaimana merumuskan model program liniernya, menghitung secara manual, mengenalkan aplikasi TORA yang  dapat menampilkan hasil animasi grafisnya untuk mencapai nilai optimal dari dua variabel dan menganalisis sensitivitas untuk melihat kisaran perubahan dengan niali optimal tidak berubah. Hal ini membuat siswa tidak bosan dan tertarik untuk mencoba simulasi nilai koefisien yang lain. Secara umum software TORA akan memberikan hasil optimasi dengan cepat yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam mencek hasil perhitungan secara manualnya. Pelatihan pemanfaatan software TORA ini diikuti oleh guru-guru SMP di wilayah Karanganyar dan Sukoharjo di Laboratorium Data Sains FMIPA UNS. Pelatihan ini berhasil memberikan wawasan dan ketrampilan baru pada guru-guru Matematika dan dapat mengajarkan kembali ke siswanya sehingga guru dan siswa akan semakin berkompeten dalam menggunakan aplikasi TORA dalam menyelesaikan permasalahan di sekitarnya.

Kata Kunci: fungsi obyektif, kendala, program linier, sensitivitas, TORA

References

Arifin, Z. (2018). Penggunaan Software Lindo dalam Mata Kuliah Program Linier. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(1), 1–9.

Damian, R.T., Shofa, S.N., Tandean, K.Y., Hernanda,D.A., Agusetiawan,A., Yuliawati, E. (2023). Penerapan Model Program Linier untuk Memaksimalkan Profit Toko Oleh-oleh Khas Surabaya Honest. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan III (SENASTITAN III), 1–8.

Herawaty, D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 46–62.

Hermanto, T. (2010). Menyelesaikan Masalah Optimasi dalam Program Linier dengan Lindo. [online]. Diakses pada 15 Juli 2018 dari https://id.scribd.com/doc/34179882/Menyelesaikan Masalah Optimasi

Jek Siang, J. (2014). Riset Operasi dalam Pendekatan Algoritmis.Yogyakarta: ANDI.

Lubbi,K. (2016). Pemaksimalan Keuntungan Penjualan Ikan Lele dengan Optimasi Pakan Menggunakan Linear Programming (Studi kasus: Peternakan Aurora). Skripsi. Program Studi Informatika FMIPA UNS.

Prasetyo, V.Z., Suyitno,A., Mashuri. (2013). Penerapan Algoritma DIJKSTRA dan PRIM pada Pendistribusian Air di PDAM Kabupaten Demak. UNNES Journal of Mathematics, 2(1), 70–78.

Siringoringo, H. (2005). Seri Teknik Riset Operasional: Pemrograman Linier.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Taha, H.A. (2017). Operation Research. New York: Mc.Millan Publishing Co.

Winston, W.L.(1994). Operation Research: Applications and Algorithms, Belmont:Wadsworth Publishing Co.

Published

2023-10-30

Most read articles by the same author(s)