Development of Comic-based Worksheet to Improve Learning Motivation and Critical Thinking
DOI:
https://doi.org/10.31002/ijose.v6i2.187Keywords:
LKPD, komik, minat, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik LKPD, menguji kelayakan LKPD, menguji efektivitas LKPD terhadap minat belajar, menguji efektifitas LKPD terhadap berpikir kritis dan menguji respon siswa terhadap LKPD. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Uji karakteristik LKPD diperoleh dari teori Sastrawan & Yenti (2020) dan kritik serta saran para ahli, uji kelayakan diperoleh dari angket ahli, uji minat belajar siswa diperoleh dari angket, uji berpikir kritis diperoleh dari hasil pre-test dan post-test, sedangkan respon siswa diperoleh dari angket respon siswa. Hasil penilaian dari ahli media sebesar 86% dengan kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 88% dengan kategori sangat layak dan guru IPA sebesar 91% dengan kategori sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil minat belajar kelas kontrol sebesar 75% dan kelas eksperimen sebesar 86,41% yang menunjukkan kategori sangat tinggi. Keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dimana < 0,05, dan uji N-gain terdapat perbedaan yaitu pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil dari angket respon siswa rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD yang dilengkapi komik dikategorikan layak dan efektif terhadap minat belajar dan berpikir kritis siswa.