PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA LALU LINTAS JALAN (Studi Kasus Jalan Jendral Sudirman Kota Magelang)

Authors

  • Ria Miftakhul Jannah Universitas Tidar
  • Woro Partini Maryunani
  • Herlita Prawenti
  • Muhammad Amin
  • Ilya Ilma Nur Nazilah

Keywords:

Kapasitas, Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan

Abstract

Besarnya volume kendaraan pada ruas Jalan Jendral Sudirman Kota Magelang khususnya pada penggunaan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil penumpang berdampak pada kinerja ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan karakteristik lalu lintas, mengetahui nilai kapasitas jalan, mengetahui nilai tingkat pelayanan (LoS), dan menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh hambatan samping terhadap kinerja lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan survey langsung di Ruas Jalan Jendral Sudirman sepanjang 200 m dari total panjang ruas Jalan Jendral Sudirman. Survey dilakukan pada kedua arah, yaitu arah Semarang – Yogyakarta dan arah Yogyakarta – Semarang pada jam puncak. Perhitungan kapasitas dengan mempergunakan cara perhitungan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil penelitian didapatkan volume kendaraan Jalan Jendral Sudirman arah Semarang – Yogyakarta yaitu sebesar 1.483,7 smp/jam dan arah Semarang – Yogyakarta yaitu sebesar 1.368,6 smp/jam, lebih kecil dari kapasitas jalan yang tersedia yaitu 2.867,868 smp/jam. Derajat kejenuhan yang diperoleh yaitu sebesar 0,99 dengan tingkat pelayanan jalan (Level of Service/LOS) dalam kategori kelas E yaitu volume lalu lintas mendekati kapasitas, arus tidak stabil, kecepatan kadang terhenti. Dari menggunakan analisis regresi linear diperoleh besarnya pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan adalah sebesar 77,4%.

Kata Kunci: Kapasitas, Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan

References

Angelina Indri, dkk. 2016. Analisa Kinerja Ruas Jalan Hasanuddin Kota Manado. Jurnal Teknik Sipil. Universitas Sam Ratulangi

Badan Pusat Statistik Kota Magelang. 2021. Kota Magelang dalam Angka 2021. Magelang : Badan Pusat Statistik.

Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jenderal Bina Marga dan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta.

Direktorat Jendral Bina Marga. 1990. Panduan Survei dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Gilang Budi Warnantyo, dkk. 2017. Analisis Kinerja Ruas Jalan Kaliurang KM 12 – KM 14,5 Sleman Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil FTSP UII.

Hidayat, Adib Wahyu. 2020. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Depan Pasar Mayong Jepara). Jurnal INERSIA

M. Vikri. M. Septiansyah, dkk. 2018. Analisa Kinerja Ruas Jalan Medan Merdeka Barat, DKI Jakarta. Jurnal Teknik Sipil. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Rachmat Mudiyono, dkk. 2017. Analisis Kinerja Ruas Jalan Majapahit Kota Semarang (Studi Kasus: Segmen Jalan Depan Kantor Pegadaian Sampai Jembatan Tol Gayamsari). Jurnal Teknik Sipil. Universitas Islam Sultan Agung.

Randy Syaputra, dkk. 2015. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Nasional (Studi Kasus Jalan Proklamator Raya – Pasar Bandarjaya Plaza). JRSDD

Senduk, Theresia Kezia. 2018. PENGARUH HAMBATAN SAMPING Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Kota Tomohon (Studi Kasus: Persimpangan Jl. Pesanggrahan – Persimpangan Jl. Pasuwengan). Jurnal Sipil Statik

Tamin, Ofyar Z. 2008. Perencanaan, Permodelan, dan Rekayasa Transportasi. Bandung : ITB.

Wirani Ranto, dkk. 2020. Analisa Kinerja Ruas Jalan Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Jurnal Teknik Sipil. Universitas Sam Ratulang

Downloads

Published

2024-07-09