Analisis Simulasi Lalu Lintas Berbasis BIM Pada Desain Persimpangan Jalan

Authors

  • Dedy Firmansyah Universitas Tidar
  • Sapto Nisworo
  • Robert Johanes K

DOI:

https://doi.org/10.31002/rice.v6i2.343

Keywords:

Persimpangan, Underpass, Mikrosimulasi, Tindaan, Vissim

Abstract

Simpang Denggung merupakan titik pertemuan antara jalan Nasional, jalan Provinsi dan jalan Kabupaten di Yogyakarta. Hasil perhitungan kondisi eksisting menunjukkan kinerja simpang pendekat utara menunjukkan Derajat Kejenuhan (DJ) sebesar 0,97 dengan panjang antrian 227 meter pada jam sibuk. Untuk itu perlu dilakukan penelitian guna mencari solusi untuk meningkatkan kinerja simpang Denggung dengan menggunakan simpang tidak sebidang tipe intan konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kapasitas dan kinerja simpang Denggung pasca pembangunan underpass tipe Diamond Konvensional. Pengumpulan data lapangan menggunakan metode penghitungan lalu lintas untuk mendapatkan data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Analisis data menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan mikrosimulasi Vissim. Hasil penilaian kinerja simpang tidak sebidang tipe intan konvensional menunjukkan peningkatan kinerja rata-rata menggunakan simpang tidak sebidang menggunakan PKJI 3x lebih baik dan tundaan rata-rata 2x lebih baik dari kondisi sebelumnya, sedangkan peningkatan kinerja simpang menggunakan PTV Simulasi Vissim panjang antrian bertambah 3x lebih baik dan delay rata-rata bertambah 7x lebih baik dari sebelumnya menggunakan simpang tidak sebidang.

References

Botte, M. et al. (2021) ‘The Use of Road Microsimulation Software within BIM Environments: A Preliminary Assessment’, Journal of Advanced Transportation, 2021. doi:10.1155/2021/8871288.

Budiharjo, A. et al. (2021) Dampak Junction Metering dalam Meningkatkan Kinerja Simpang Menggunakan Piranti Lunak Vissim, Media Komunikasi Teknik Sipil.

Castañeda, K. et al. (2021) ‘BIM-based traffic analysis and simulation at road intersection design’, Automation in Construction, 131(October 2020). doi:10.1016/j.autcon.2021.103911.

Data Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor (2021) Badan Pusat Statistik. Available at: https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/perkembangan-jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis.html.

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR (2021) ‘Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Marga Nomor 11/SE/Db/2021’, (20).

Direktorat Jenderal Binamarga (1997) Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) . Jakarta.

Irawan, M.Z., Nurjannah, D. and Putri, H. (2015) KALIBRASI VISSIM UNTUK MIKROSIMULASI ARUS LALU LINTAS TERCAMPUR PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG TUGU, YOGYAKARTA) CALIBRATION OF VISSIM FOR MIXED TRAFFIC MICROSIMULATION AT SIGNALIZED INTERSECTION (A CASE OF TUGU INTERSECTION, YOGYAKARTA).

Islah, M. (2017) ‘STUDI KELAYAKAN TEKNIS DAN EKONOMI SIMPANG TAK SEBIDANG KOTA PEKANBARU (Studi Kasus : Persimpangan Jl. Soekarno Hatta – Jl. Riau)’, SIKLUS: Jurnal Teknik Sipil, 3(1), pp. 27–38. doi:10.31849/siklus.v3i1.368.

Khayam, S. and Widyastuti, H. (2021) ‘Studi Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Pada Sepeda Motor Untuk Ruas Jalan 4/2D di Sidoarjo’, Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 19(3), p. 239. doi:10.12962/j2579-891x.v19i3.9241.

Kurniati, N.L.W.R. (2019) ‘Optimisasi Kinerja Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Balikpapan’, Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 21(2), pp. 155–164. doi:10.25104/jptd.v21i2.1258.

Maulana, A. and Nugraha, F.A. (2019) ‘Studi Mikrosimulasi Penilaian Kinerja Persimpangan Bersinyal Jalan Ir. H Juanda-Cikapayang’, Jurnal Teknik Sipil, 26(2), p. 183. doi:10.5614/jts.2019.26.2.10.

Nonreguler, P. et al. (2004) ‘Studi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Yang Tidak Sebidang Di Kota Makassar : Studi Kasus Simpang Jalan Urip Sumoharjo-Jalan Leimena’, 4(1), pp. 79–84.

Permana, S., Wicaksono, A. and Djakfar, L. (2018) ‘Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan, Biaya Operasional Kendaraan Dan Biaya Kemacetan Jalan Gatot Subroto Kota Malang’, Jurnal Tata Kota dan Daerah, 8, pp. 13–24. Available at: https://www.tatakota.ub.ac.id/index.php/tatakota/article/view/240.

Ramlan, R., Irawan, M.Z. and Munawar, A. (2019) ‘Revisi Nilai Ekuivalen Mobil Penumpang Untuk’, Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ke-22, (November), pp. 422–429.

Saraswati, Z.F. and Gunari, B.F. (2021) ‘Analisis Daya Tampung Jaringan Jalan Tidak Sebidang (Studi Kasus: Flyover Teuku Umar, Kota Bandar Lampung)’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), p. 137. doi:10.33087/jiubj.v21i1.1043.

Soelistyo Pribadi, O., Munawar Professor, A. and Malkhamah Professor, S. (2014) ANALISIS KAPASITAS JALAN DENGAN METODE TRAFFIC MICROSIMULATION.

Stepanigari, E. et al. (2021) ‘ANALISIS REDESAIN PENGENDALIAN SIMPANG DENGAN MENGGUNAKAN MKJI 1997 DAN PROGRAM PTV VISSIM ( Studi Kasus : Jalan P . M . Noor - Jalan D . I . Panjaitan 1 - Jalan D . I . Panjaitan 2 )’, 5(November), pp. 6–16.

Wicaksono, Y.I. et al. (2017) ‘Perubahan Pola Pergerakan pada Simpang Kalibanteng akibat Penerapan Manajemen Dua Arah pada Flyover’, 23(1), pp. 48–58.

Winnetou, I.A. and Munawar, A. (2015) ‘Penggunaan Software Vissim Untuk Evaluasi Hitungan MKJI 1997 Kinerja Ruas Jalan Perkotaan (Studi Kasus : Jalan Affandi, Yogyakarta)’, FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung, pp. 1–10.

Yani, A., Sungai, J. and Dalam, R. (1997) ‘Evaluasi dan penataan persimpangan polda (jalan ahmad yani – jalan sungai raya dalam) dengan menggunakan simpang tak sebidang 1)’, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 10, pp. 1–7.

Downloads

Published

2023-02-06 — Updated on 2023-02-06

Versions