Pengurangan Kadar Tembaga Pada Air Sumur Dengen Metode Absorpsi Filtrasi Menggunakan Sabut Kelapa

https://journal.untidar.ac.id/index.php/rice/user/register#username

Authors

  • Asteria Marsha Firdausy Universities Tidar
  • Achmad Rafi’ud Darajat
  • Muhammad Amin

Keywords:

Filtrasi, Sabut Kelapa, Tembaga, Absorpsi

Abstract

ABSTRAK

Kebutuhan air di Desa Tuksongo meningkat dikarenakan banyak sumur gali yang tercemar. Hasil uji kualitas air yang dilakukan di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Kota Magelang, didapatkan parameter kimia berupa kandungan Tembaga tidak memenuhi syarat yaitu 2,8 Ntu, untuk meningkatkan kualitas air sumur perlu memilih metode yang tepat.Metode absorpsi filtrasi adalah metode yang digunakan untuk melakukan penyerapan kandungan tembaga. Metode absorpsi mengunakan sabut kelapa sebagai bahan penyerapan, yang dikolaborasi dengan  batu kerikil, batu bata, pasir, dan arang. Pembuatannya mengunakan akuarium dengan panjang, dan lebar 30 cm yang disusun dengan bak absorpsi pada bagian atas dan filtrasi bagian bawah.Hasil pengujian kadar tembaga setelah Absorpsi filtrasi yang terbaik didapatkan hasil Filter A sebesar 2,1 mg/l, Filter B sebesar 1,98 mg/l dan Filter C sebesar 1,47 mg/l. Sedangkan, analisis efisiensi penurunan kadar Tembagapada Filter A sebesar 25 %, kemudian Filter B sebesar 29,2%  dan Filter C sebesar 47,5%. Jadi dengan waktu yang relatif lama dan sistem absorpsi yang tebal lebih efisien dalam menurunkan kadar tembaga pada air sumur.

References

Abuzar, S. S., & Pramono, R. (2014 ). Efektivitas Penurusan Kekeruhan Dengan Direct Filtration Menggunakan Saringan Pasir Cepat (Spc). Prosiding Snstl I .

Afifah, A. S. (2019). Penambahan Media Karbon Aktif Dan Geotekstil Pada Sand Filter. Jtera, 237-242.

Busyairi, D. (2018). Teknologi Roughing Filter Dalam Peningkatan Kualitas Air Permukaan Dengan Parameter Total Suspended Solids (Tss) Turbiditas Dan Coliform. Jurnal Teknologi Sipil.

Fahrisal, M. (2019). Prediksi Kebutuhan Air Bersih Tahun 2028 Pdam Unit Ikk Belawang-Wanaraya. Poros Teknik, 56-63.

Fajri, D. (2017). Efektifitas Rapid Sand Filter Untuk Meningkatkan Kualitas Air Daerah Gambut Di Provinsi Riau. Jom Fteknik.

Hanif, D. (2020). Pengaruh Diameter Media Filtrasi Zeolit Terhadap Turbidity, Total Disolved Solids Dan Total Suspended Solids Pada Reaktor Filter. Pelita Teknologi, 95-105.

Maryani, D. (2014). Pengaruh Ketebalan Media Dan Rate Filtrasi Pada Sand Filter Dalam Menurunkan Kekeruhan Dan Total Coliform. Jurnal Teknik Pomits.

Ulfah, M. (2018). Pemanfaatan Air Permukaan Dan Air Tanah. Prosiding Seminar Nasional Hari Air Dunia.

Yuliana, D. (2019). Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Alat Penyaring Air Dengan Media Karbon Aktif Peruntukan Rumah Tangga. Abdimas Universal1, 50-55.

Downloads

Published

2024-07-09