Manajemen Parkir di Pasar Baledono Purworejo

Authors

  • Ria Miftakhul Jannah Universitas Tidar
  • Evi Puspitasari
  • Dedy Firmansyah
  • Herlita Prawenti
  • Sulthon Habibulloh

Keywords:

Manajemen, Parkir, Pasar, Pelayanan

Abstract

Pasar Baledono merupakan salah satu pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purworejo. Aktivitas pasar yang padat menyebabkan meningkatnya volume kendaraan yang masuk dan keluar Pasar Baledono pada jam-jam tertentu, sehingga banyak kendaraan yang sulit mencari tempat untuk parkir. Penelitian pada Kawasan Pasar Baledono Purworejo perlu dilakukan untuk mengevaluasi perencanaan ruang parkir sehingga dapat menghasilkan manajemen yang baik terkait optimalisasi serta kenyamanan pengguna ruang parkir Pasar Baledono Purworejo. Waktu dan pelaksanaan penelitian dilakukan pada hari kerja dan hari libur pada jam puncak yaitu dari Jam 09.40 WIB – 10.40 WIB. Pengumpulan data tersebut digolongkan menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer meliputi volume parkir, durasi parkir, akumulasi parkir, luas lahan, dan ukuran parkir. Sedangkan data sekunder meliputi data jumlah penduduk kabupaten Purworejo dan gambar denah lokasi. Berdasarkan analisis karakteristik parkir, kondisi pelayanan parkir saat ini masih belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari nilai indeks parkir yang tinggi. Terdapat dua rekomendasi dalam memanajemen parkir yaitu; melakukan penataan ulang terhadap model ruang parkir dan pengalihan ruang parkir sementara pada waktu tertentu. Pengalihan ruang parkir ini dilakukan pada area parkir terdekat dengan bangunan yang ditinjau.

References

David Y. Anggoro, dkk. 2018. Analisis Karakteristik On Street Parking Di Ruas Jalan Brigjend Slamet Riyadi (Simpang Empat Gladag – Simpang Empat Pasar Pon) Kota Surakarta. Program Studi Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1996. Pedoman teknis penyelenggaraan fasilitas parkir. Jakarta : Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Dwi Sartika, dkk. 2020. Evaluasi dan Manajemen Parkir Kawasan Tanrise City Jember. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember.

Morlok, E, K. 1995. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga, Jakarta.

Munawar, Ahmad (2004). Manajemen Lalulintas Perkotaan. Yogyakarta: Beta Offset

Oppenlender, J.C. 1976. Manual of Traffic Engineering Studies, Institute of Transportation Engineering Washington DC.

Rusmin, M. 2019. Analisa Kapasitas Dan Kinerja Persimpangan Tak Bersinyal R.A. Kartini. Rancang Bangun, 29-34.

Wikrama, A.A. Jaya (2010). Analisis karakteristik dan Kebutuhsn Parkir Pasar Kreneng. Jurnal. Universitas udayana, Denpasar.

Downloads

Published

2023-10-31