Peningkatan Kinerja Pekerja Proyek Pembangunan Apartemen Mahata Tanjung Barat dan Double-Double Track (DDT) Stasiun Manggarai

Authors

  • Yagi Tri Cahya Universitas Tidar
  • Fajar Susilowati
  • Herlita Prawenti

Keywords:

Pelatihan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Pekerja, MSDM

Abstract

Keterlambatan proyek biasa terjadi karena kurangnya motivasi kerja para pekerja proyek. Terdapat permasalahan kontruksi atau kegagalan pembangunan yang disebabkan oleh kurangnya ketrampilan pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pelatihan kerja dan motivasi kerja serta hubungan keduanya terhadap kinerja pekerja konstruksi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan seluruh pekerja yang berada dilokasi proyek. Dilakukan uji validitas, reliabilitas, dan model menggunakan aplikasi SPSS 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dua proyek tersebut memiliki tingkat pelatihan kerja dengan nilai 4,117 dan interpretasi baik, motivasi kerja dengan nilai 4,224 dan interpretasi sangat baik, serta pada kinerja pekerja dengan nilai 4,040 dan interpretasi baik. Pengaruh pelatihan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pekerja pada proyek pembangunan apartemen berkorelasi sangat kuat dengan nilai persentase sebesar 80,6%  dan pada proyek DDT Stasiun Manggarai berkorelasi kuat dengan nilai persentase sebesar 32%.

References

Azizah, D. 2014. Pengaruh Penghargaan dan Kebutuhan Aktualisasi Diri terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Telkom Kotabaru Yogyakarta.

Baharuddin & Moh. Makin. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press. h.61.

Boe, I. (2014). Pengaruh program pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil dikantor Kepresidenan Republik Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3(2014), 559-580.

Ervianto, W.I. (2015). Inplementasi Green Construction Sebagai Upaya Mencapai Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia, hlm.2-3. Makalah Konferensi Nasional Forum Wahana Teknik ke-2.

Firdaus, M. R., & Mulyapradana, A. (2018). Pengaruh Modal Sosial dan Leader Member Exchange terhadap Kinerja Melalui Komitmen Organisasional. Jurnal Bingkai Ekonomi.

Kuswati, Y. (2020). The Effect of Motivation on Employee Performance. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 995-1002.

Malkan, M., Adam, Y., Syafaat, M., & Sofyan, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Mandiri KCP Palu Imam Bonjol. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 2(1), 106-121.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129-147.

Puspitasari, R. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pelayanan. Skripsi. Program Studi Akuntansi Diploma III, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, K. W. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Ekonomia, 6(1), 177-182.

Robbins, Stephen P., Timothy A. judge, (2016). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta : Salemba Empat.

Sunyoto, D. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru

Suwatno dan Priansa, D. J. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Yunior, D. R. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai pada Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional V Sulawesi di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Zachawerus, J., & Soekiman, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pelaksanaan Proyek Jalan Nasional di Maluku Utara. Jurnal Infrastruktur, 4(01), 26-33.

Downloads

Published

2023-10-31