STUDI KOMPARASI STABILISASI TANAH DENGAN CAMPURAN KAPUR, PASIR, DAN SEMEN

(Studi Kasus Jalan Menuju Kawasan Wisata Tuk Gong Adventure)

Authors

  • Dwi Retna Kurniasari Dwi
  • Yudhi Arnandha
  • Ali Murtopo

Keywords:

CBR, CBR Laboratorium, Daya Dukung Tanah

Abstract

Tanah merupakan salah satu elemen penting sebagai bahan bangunan pada berbagai macam pekerjaan teknik sipil, disamping itu tanah juga berfungsi untuk mendukung suatu kontruksi sipil seperti pondasi bangunan gedung dan perkerasan jalan. Kondisi tanah pada jalan menuju wisata “Tuk Gong Adventure” memiliki daya dukung tanah yang rendah, akibatnya perkerasan jalan di wilayah itu sering mengalami kerusakan. Diperlukan percobaan mencampuran beberapa macam bahan material yang bisa meningkatkan daya dukung tanah. Penelitian ini menggunakan metode pengujian. Sampel tanah untuk pengujian ini diambil di jalan menuju lokasi wisata “Tuk Gong Adventure”. Pengujian yang dilakukan pada petelitian ini adalah pengujian berat jenis dan CBR. Pengujian berat jenis tanah asli mengacu pada SNI 1964:2008 Cara Uji Berat Jenis Tanah.  Pengujian CBR laboratorium pada campuran tanah dengan kapur, tanah dengan pasir dan tanah dengan semen. Pengujian ini mengacu pada SNI 1744:2012 Metode Uji CBR Laboratorium.  Hasil pengujian berat jenis tanah menunjukkan jenis tanah asli adalah tanah liat. Hasil mengujian CBR menunjukkan hasi pencampuran tanah asli dengan kapur, semen atau pasir berpengaruh terhadap peningkatan nilai CBR tanah asli. Pencampuran tanah asli dan 18% semen menghasilkan campuran dengan nilai CBR paling tinggi dengan peningkatan sebesar 527,39%. CBR pada campuran tanah dan semen memiliki nilai CBR 39,08%.

References

Badan Standarisasi Nasional. 2012. SNI 1744:2012. Metode Uji CBR Laboratorium.

Badan Standarisasi Nasional. 2008. SNI 1964:2008. Cara Uji Berat Jenis Tanah.

Lukman, M., & Hartatiek, Y. (2012). Sintesis Biomaterial Komposit CaO-SiO2 Berbasis Material Alam (Batuan Kapur dan Pasir Kuarsa) dengan Variasi Suhu Pemanasan dan Pengaruhnya Terhadap Porositas, Kekerasan dan Mikrostruktur. Journal Sains, Vol. 2 No. 1.

Riwayati, R. S., & Yuniar, R. (2018, November). Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Campuran Kapur Untuk Lapisan Tanah Dasar Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil UNPAL, Vol 8, No 2, 104-111.

Sabardiansyah, R., Gusrizal, & Sulaiman , A. (2022, Maret). Stabilisasi Tanah Lempung Ekspansif Menggunakan Fly Ash Dan Abu Bata Terhadap Nilai California Bearing Ratio. Jurnal Sipil Sains Terapan, Vol. 05, No 01, 59-65.

Waruwu, A., Zega, O., Rano, D., Maureent, B., Panjaitan, T., & Harefa, S. (2021, Juli). Kajian Nilai California Bearing Ratio (Cbr) pada Tanah Lempung Lunak dengan Variasi Tebal Stabilisasi Menggunakan Abu Vulkanik. Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-UNAND), Vol. 17 No. 2, 118-130.

Wesley, L. (2012). Mekanika Tanah Untuk Tanah Endapan & Residu. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2024-07-09